24.4 C
Bandar Lampung
Sabtu, September 24, 2022
spot_img
BerandaDaerahSatu Desa dan Satu Kelurahan Wakili Pringsewu pada Lomba...

Satu Desa dan Satu Kelurahan Wakili Pringsewu pada Lomba Tahun 2021

 10 dilihat

Pringsewu, wartaalam.com — Pekon (desa) Bumiratu, Kecamatan Pagelaran dan Kelurahan Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu mewakili Kabupaten Pringsewu pada Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, mengharapkan melalui lomba desa dan kelurahan, dapat meningkatkan kompetisi desa atau pekon serta kelurahan dalam memberdayakan berbagai sektor kehidupan masyarakat guna memotivasi dan meningkatkan gairah membangun dengan memaksimalkan pemanfaatan potensi yang ada.

“Saya berharap tim klarifikasi atau penilai dapat melakukan penilaian secara obyektif, dan berpedoman pada sasaran dan indikator yang ditetapkan sekaligus memberikan petunjuk dan bimbingan dalam rangka pembenahan dan peningkatan kemajuan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Klarifikasi Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Zaidirina, saat meninjau Pekon Bumiratu mengatakan sebagai media melaksanakan evaluasi terhadap efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No: 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Desa dan Kelurahan.

Evaluasi tersebut merupakan suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Di antara tahapan dalam rangka evaluasi meliputi tiga bidang penilaian, masing-masing, bidang pemerintahan desa, bidang kewilayahan, dan bidang kemasyarakatan, dengan 19 aspek dan 490 indikator penilaian. Maka dari itu, penilaiannya harus hati-hati dan semua unsur juga harus terpenuhi, ujarnya.

Menurutnya, lomba desa dan kelurahan 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini masih dalam suasana pandemi COVID-19, pandemi sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi, sosial dan kemasyarakatan di Indonesia, termasuk di Provinsi Lampung.

Penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan lomba desa dan kelurahan merupakan hal yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Pandemi ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi desa untuk tetap melakukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungannya, dengan melakukan inovasi sesuai dengan potensi yang ada di desa masing-masing. Desa Mart yang merupakan inovasi yang luar biasa. Jika ini jadi, bukan hanya menjadi contoh di provinsi tetapi juga menjadi contoh nasional, katanya.

Zaidirina mengatakan, pemerintah pusat telah memberikan Dana Desa yang langsung ditransfer ke desa, dan wajib digunakan untuk membiayai kewenangannya berdasarkan atas hak asal-usul dan kewenangan lokal desa. Karena itu, seorang kepala desa dituntut piawai dalam memanfaatkan dan mendayagunakan seluruh potensi yang ada untuk mendukung suksesnya proses pembangunan di desa.

Pekon Bumiratu luar biasa, desanya besar dan ada waduk.

Potensinya memang luar biasa, jadi harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, katanya.

Jika Pekon Bumiratu menang, kepala pekonnya juga harus di-upgrade pengetahuannya tentang desa karena akan dites tujuh dirjen dan empat profesor.

“Selain itu, dari pusat juga akan turun lagi. Bukan hanya tugas pak kepala pekon, pak bupati atau wakil bupati, serta ketua TP-PKK juga akan dites, termasuk K
Ketua TP-PKK Pekon,” katanya.(ade)

Berita Terkait

Dinas Kominfo Lamsel Gelar Perpisahan Sekretaris dan Dua PNS

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

Sekda Lamsel Hadiri Roadsow Bus KPK di Kota Bandarlampung

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan...

Kesbangpol Pringsewu Gelar Road Show Kebangsaan

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan politik Kabupaten...

PUPR Pringsewu Launching dan Sosialisasikan Simanis Riang

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam...
spot_img
Semua Negara
619,846,275
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 24, 2022 3:29 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini