KONI Pringsewu Siap Gelar Porkon I

0
139

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Sebagai ajang pencarian atlet berbakat, Pengurus Komite Olahraha Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pringsewu akan menyelenggarakan Pekan Olahraga Pekon (Porkon) dalam waktu dekat ini.

Menurut Ketua Umum KONI Kabupaten Pringsewu Dwi Pribadi, terbukti sejumlah atlet berprestasi di Kabupaten Pringsewu berasal dari pekon (desa) di beberapa kecamatan.

Melalui program kerja KONI Pringsewu berinisiatif mengadakan gebrakan menggelar Pekan Olahraga Pekon (Porkon) l.

“In syaa Allah Porkon akan kami gelar Juli 2021 mendatang,” kata Dwi pada rakor KONI dengan Karang Taruna Kabupaten Pringsewu, Sabtu (22/5/2021).

Dwi Pribadi menuturkan, terbukti ada sejumlah atlet asal Pringsewu yang akan mengikuti PON tahun 2021 di Papua yakni cabor
atletik, renang, catur, dan biliar.

Ternyata sejumlah atlet yang akan mengikuti PON berasal dari desa, khususnya atletik, katanya.

Melihat itu, ketua KONI Pringsewu beserta jajarannya semangat tetap menggelar Porkon kendati dananya minim. Namun disiasati digelar dengan cara dibagi zona.

“Kami awali tiga zona kecamatan dulu, mudah-mudahan ke depan Porkon bisa digelar di setiap kecamatan,” ujarnya.

Bahkan pelaksanaan Porkon l tersebut, KONI akan berkolaborasi dengan jajaran pengurus Karang Taruna di berbagai tingkatan di Kabupaten Pringsewu.

Sebab biasanya berbagai kegiatan cabang olahraga di tingkat pekon (desa) merupakan binaan dari Karang Taruna, katanya.

Dwi mengatakan, rencana Porkon akan digelar setiap tahun dan bagi pemenang akan dikirim mengikuti ajang di tingkat atasnya seperti Porkab, Porprov, dan seterusnya.

Sementara Wakil Ketua II KONI Pringsewu Bidang Prestasi Samsul Gustaf mengatakan, Porkon Juli mendatang terbagi tiga zona, yakni zona 1 Kecamatan Sukoharjo, Adiluwih, Banyumas, dan Pagelaran Utara.

Untuk zona 2, Kecamatan Pringsewu dan Gadingrejo.

Serta zona 3 Kecamatan Pagelaran, Ambarawa dan Pardasuka.

Untuk cabor yang dipertandingkan, sepak bola, futsal, voli,
pencak silat, bulu tangkis, dan senam, katanya.

Menurutnya, Porkon diharapkan mengembalikan semangat berolahraga di lingkungan masyarakat, yang muaranya akan lahir atlet-atlet potensial dan berprestasi di berbagai tingkatan.

Sehingga akan mengharumkan citra olah raga di Kabupaten Pringsewu khususnya.

Terpenting lagi adanya Porkon dapat meningkatkan ekonomi kreatif dan menumbuh kembangkan kesejahteraan, kata Samsul Gustaf.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Pringsewu Iswahyudi Joko siap membantu dan mendukung program KONI yang akan menggelar Porkon tersebut, dengan mengerahkan jajaran Karang Taruna di tingkat kabupaten, kecamatan hingga pekon.

Intinya pasukan Karang Taruna siap dukung dan mensukseskan Porkon tersebut. Bila perlu dilaksanakan setiap tahun sekali, ujarnya. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini