Pringsewu Sumbang 8 Ribu Ton Ikan per Tahun

0
124

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Kabupaten Pringsewu memiliki potensi besar di bidang perikanan darat Daerah itu sejak lama telah menjadi sentra
di Provinsi Lampung. Rata-rata mencapai 8.000 ton setiap tahun.

Komoditi unggulan lele, gurame, mas, patin, dan nila, kata Bupati Pringsewu Sujadi, pada panen perdana ikan nila Pokdakan Ulam Tirta Asri di Pekon Sriwungu Kecamatan Banyumas, kemarin.

Menurut Sujadi, tingkat pemanfaatan lahan untuk budidaya ikan di Pringsewu baru mencapai 50 persen dari total luas lahan 1.067 hektare atau seluas 516 hektare.

Dari 21 Pokdakan (kelompok pembudidaya ikan) di Pringsewu yang mendapatkan bantuan dari dana alokasi khusus perikanan, kata Sujadi, enam di antaranya telah panen dengan total produksi 8 ton lebih.

Bupati Pringsewu didampingi Kadis Perikanan setempat Debi Hardian, pada kegiatan yang juga dihadiri Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Masykur Hasan dan Kadisporapar Jahron beserta Camat setempat Hartoyo, mengaku bangga serta mengapresiasi semangat dan kegigihan baik para petani ikan yang tergabung dalam Pokdakan maupun Dinas Perikanan beserta para penyuluh dalam upaya mengembangkan potensi perikanan di kabupaten itu.

“Konsep kita dalam mengembangkan potensi perikanan adalah terintegrasinya usaha mulai dari saat panen, paska panen, pengolahan hingga pemasaran,,” ujarnya. (ade).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini