FTI UAP Sinergikan Tri Dharma Perguruan Tinggi

0
122

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM, Hakekat pelayanan publik (keputusan Menpan Nomor 63 tahun 2003) hakikatnya pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat.

Pelayanan prima merupakan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan / masyarakat, minimal sesuai dengan standar pelayanan cepat, tepat, akurat, murah, dan ramah.

Penduduk sebagai modal dasar pembangunan memiliki peran yang sangat penting, sebab penduduk merupakan sumber daya terpenting dalam melaksanakan pembangunan.

Pelayanan prima sudah harus membudaya dalam setiap organisasi. Pelayanan merupakan kebutuhan semua manusia bahkan tidak dapat dipisahkan, di antarannya pelayanan Administrasi Kependudukan.

Memberikan pelayanan prima harus menjadi kebiasaan yang dilaksanakan terus menerus. Kebiasaan yang terus berulang dan menjadi kelaziman di dalam organisasi yang kemudian membudaya sebagai budaya Dinas Dukcapil Kabupaten Pringsewu.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Pringsewu berkomitmen mempermudah pelayanan bagi masyarakat yang berusan dengan pemerintah.

Komitmen tersebut disikapi langsung Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, di antaranya mempermudah pelayanan adminduk secara online dengan diluncurkannya “Aplikasi SEWUATI”.

Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu Zulkifli, S.T., M.Kom., mengatakan, dengan diluncurkannya “Aplikasi SEWUATI” tersebut, Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu menerjunkan mahasiswa Teknik informatika untuk membantu menjadi tenaga Administrator Database aplikasi Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif (SEWUATI) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu.

Menurut dia, Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu tidak hanya berfungsi menyelenggarakan bidang pendidikan dan pengajaran saja, namun termasuk di dalamnya berkaitan dengan bidang pengabdian kepada masyarakat seperti tercantum dalam Tridharma Perguruan Tinggi.

Mahasiswa Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu dituntut aktif pada setiap kegiatan yang difasilitasi, agar berpartisipasi pada bidang pengabdian masyarakat.

Kegiatan mahasiswa membantu menjadi tenaga administrator database aplikasi Sarana Efektif Wadahi Urusan Administrasi Kependudukan yang Tertib dan Informatif (SEWUATI) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu merupakan wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi pada bidang pengabdian masyarakat diharapkan memberikan gambaran pembelajaran dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial dan mendorong mahasiswa memiliki rasa peduli pada masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat yang pada akhirnya terbentuk mahasiswa yang memiliki karakter peduli.

Pada kegiatan yang digelar di ruang Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pringsewu, kemarin, mahasiswa Teknik Informatika tersebut menerima surat tugas dari Nazri, kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pringsewu.

Sementara Kaprodi Teknik Informatika Nur Aminudin, M.T.I mengatakan, peran aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatan mendorong agar lebih mengenal berbagai persoalan sosial di masyarakat, menghargai segala perbedaan yang ada, belajar bekerjasama dalam sebuah tim, dan belajar beradaptasi dengan lingkungan, melatih ketrampilan mahasiswa dalam melaksanakan program-program pengembangan pembangunan.(ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini