Munculnya Sejumlah Akun Medsos OPD Tubaba Diapresiasi Netizen

0
255

Tubaba, WARTAALAM.COM – Era digital memaksa semua elemen masyarakat harus meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi dan informatika. Untuk mendekatkan diri pada masyarakat dan mensosialisasikan program-program pembangunan beberapa OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat mulai membuat akun di medsia sosial, sebut saja akun Promkes Dinkes Tubaba, Tapem Tubaba, Dinas PUPR Tubaba, Dinas PMT Tubaba, Bagian Hukum Tubaba, Disdukcapil Tulang Bawang Barat.

Pro kontra aktifitas di medsos memang masih menjadi kontroversi, sebagian berargumen mudharat (sia-sia), ria/royal, bahasa awam mengatakan tidak ada gunanya. Chusnunia, Wakil Gubernur Lampung justru menginstruksikan semua satuan kerja (OPD) di Pemrov Lampung harus memiliki akun media sosial.

“Akun medsos OPD difungsikan untuk menampung aspirasi dan keluhan masyarakat. Media sosial juga mampu meningkatkan sistem pelayanan publik yang efisien dan efektif”, kata pemilik akun instagram noenia_ch ini.

Penggiat media sosial asal Tubaba, Elia Sunarto justru sudah lama teriak agar OPD Tubaba segera mempunyai akun medsos. Pemilik sejumlah akun medsos dan admin group facebook Pojok Tubaba yang sekarang berubah menjadi group Info Warga Tubaba itu kerap mengedukasi masyarakat khususnya ibu-ibu untuk setidaknya memiliki akun facebook.

“Orang tua memiliki akun facebook untuk tujuan positif, setidaknya dapat memonitoring prilaku anak-anak sehari-hari maupun di dunia maya”, terang aktifis anak dan perempuan dari Tubaba ini.

Apalagi, masih kata Elia Sunarto, selama ini sebagai pengguna media sosial seringkali tidak disertai dengan tanggung jawab (dewasa), sehingga tidak jarang menjadi sarana untuk penyebaran informasi yang tidak benar (hoaks), fitnah, gosip, pemutarbalikan fakta, ujaran kebencian, permusuhan dan hal-hal terlarang lainnya yang dapat menyebabkan disharmonis sosial.

Untuk mengantisipasi bentuk kejahatan baru yang menggunakan internet (cyber crime) sebagai media, aparat kepolisian pun sering melakukan patroli di media sosial. Di Kabupaten Tulang Bawang Barat sejatinya upaya penggunaan media sosial untuk keperluan positif dikalangan satuan Kerja dan masyarakat sudah dirintis Bupati Tubaba, Bachtiar Basri (waktu itu) melalui interaksi group facebook Warung Demokrasi. (ES.007)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini