Pemkab Lampung Selatan Gelar Upacara Peringatan Pendidikan Nasional Tahun 2024

0
2659

Lampung Selatan, wartaalam.com–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar upacara bendera memperingati Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, di Lapangan Korpri, Kalianda, Kamis (2/5/2024) pagi.

Bupati setempat Nanang Ermanto memimpin upacara dan dihadiri anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin, beserta para pejabat eselon II dan III.

Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Winarni, perwakilan siswa serta guru dan kepala sekolah.

Nanang mengatakan, momentum Hardiknas seyogyanya dijadikan sebagai pengingat perjuangan pahlawan pendidikan, dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun Indonesia.

“Ki Hajar Dewantara, bapak pendidikan Indonesia telah menanamkan filosofi pendidikan yang berpusat pada murid. Beliau mewariskan kepada kita konsep Merdeka Belajar, murid didorong untuk menjadi pembelajar aktif dan mandiri,” katanya.

Dia juga mengapresiasi partipasi aktif para guru di lingkup dalam program bedah rumah Gerakan Seribu Rupiah (Geserbu).

Dalam momentum Hardiknas tersebut, Dinas Pendidikan setempat memberikan bantuan dana Rp 100 juta untuk lima unit rumah yang tidak layak huni.

“Saya mengapresiasi para guru yang berpartisipasi di program percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem. Dinas Pendidikan mempunyai suatu kepedulian dan kepekaan, membangun secara gotong royong,” katanya.

Diajuga menyerahkan Satyalancana Karya Satya kepada para guru, mulai masa pengabdian 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Acara dilanjutkan dengan berbagai penampilan seni dari siswa-siswi. Mereka menyuguhkan beragam kreasi seni mulai dari tarian tradisional hingga paduan suara. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini