Rakor Lintas Sektoral, Kemendagri Ingatkan Pemerintah Daerah Soal Inflasi

0
413

Lampung Selatan, wartaalam.com— Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Lampung Selatan mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah 2024 secara virtual meeting.

Rakor yang diselenggarakan Kementerian Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) dihadiri berbagai pihak dari provinsi hingga kabupaten/kota se-Indonesia.

Rakor inflasi minggu pertama Februari 2024, diikuti TPID Lampung Selatan dari ruang kabag Perekonomian, Setdakab setempat, Senin (5/2/2024).

Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Tomsi Tohir menyampaikan, rakor tersebut bertujuan melakukan evaluasi dan mengambil langkah dalam menyikapi perkembangan inflasi di tiap daerah.

Menurut dia, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) posisi tertinggi inflasi dipegang Provinsi Papua Tengah 4,76 persen.

Sementara itu, untuk posisi terendah di bawah rata-rata nasional diduduki Bangka Belitung 1,21 persen.

“Masih cukup banyak yang di atas rata-rata nasional 2,51 persen. Kemudian, juga cukup banyak yang di bawah angka tersebut,” katanya.

Dia mengatakan mengenai indeks perkembangan harga bahan pangan pertanggal 1 Februari 2024. Posisi tertinggi diduduki minyak goreng, kemudian beras dan disusul cabai merah.

Atas dasar itu, dia meminta seluruh daerah tetap waspada terhadap adanya potensi kenaikan inflasi.

“Beras ini yang tetap dari minggu ke minggu, kalau minyak goreng baru pada minggu pertama ini. Kemudian, cabai merah ini minggu lalu tidak masuk, sekarang mulai menempati posisi atas,” ujarnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini