Polres Pringsewu Sosialisasikan Undang Undang ITE dan Bahaya Hoaks

0
328

PRINGSEWU, wartaalam.com – Ratusan pelajar dari sejumlah SMA / SMK di Pringsewu, Lampung, menerima pemahaman mendalam tentang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) serta risiko yang ditimbulkan penyebaran berita palsu atau hoax dari Polres Pringsewu saat mengikuti pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang diselenggarakan Federasi Juru Informasi (FJI) Kabupaten Pringsewu, Sabtu (25/11/2023) siang.

Acara yang diadakan di Aula utama SMKN 1 Gadingrejo menjadi wadah interaktif antara aparat kepolisian, jurnalis dan generasi muda dalam upaya menciptakan pemahaman yang benar terkait regulasi digital dan etika bermedia sosial. Kegiatan dimulai dengan pemberian materi yang disampaikan Ipda rahmat Basuki yang menekankan pentingnya penerapan hukum dalam dunia maya.

“Kita hidup di era digital, informasi dapat dengan mudah diakses siapa saja. Pemahaman tentang Undang Undang ITE penting agar kita menggunakan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab,” ujar Ipda Rahmat Basuki.

Selain itu, materi yang disampaikan juga mencakup bahaya penyebaran hoax atau berita palsu. Dalam sesi khusus ini, Polres Pringsewu memberikan contoh-contoh konkret tentang dampak negatif yang bisa muncul akibat penyebaran informasi palsu.

“Kami ingin melibatkan generasi muda dalam pencegahan penyebaran hoax. Mereka adalah agen perubahan di masyarakat, dan pemahaman mereka tentang bahaya hoax dapat membantu menciptakan lingkungan digital yang lebih sehat,” kata Ipda Rahmat.

Rahmat mengatakan apresiasi kepada Federasi Juru Informasi atas terselenggaranya acara positif tersebut.

Ia berharap kegiatan itu dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada para pelajar sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan positif dalam penggunaan media sosial.

Sementara itu Ketua FJI Pringsewu, Mat Syahrifal mengatakan, diadakannya pelatihan jurnalistik tingkat dasar tersebut untuk meningkatkan pengetahuan pelajar tentang profesi wartawan dalam menyajikan pemberitaan.

Selain itu, pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang diikuti para pelajar dari lima sekolah untuk mengenalkan dasar-dasar ilmu jurnalistik dan edukasi pemanfaatan teknologi digital secara bijak dan bertanggung jawab. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini