15 Grup Ikuti Festival Kuda Kepang 2023 di Pringsewu

0
218

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Sekira 15 grup kesenian kuda kepang dari Kecamatan Pringsewu, Pagelaran, Ambarawa, Banyumas dan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, mengikuti Festival Kuda Kepang 2023, di Lapangan Juang, Pringombo, Pringsewu Timur, kabupaten setempat, Sabtu (28/10/2023).

Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat membuka festival dalam rangka memeriahkan peringatan ke-95 Sumpah Pemuda mengatakan, berdasarkan UU No: 5 Tahun 2017 diamanatkan negara berkewajiban memajukan kebudayaan di tengah peradaban dunia dan menjadikan kebudayaan sebagai investasi untuk kemajuan dan peradaban bangsa.

“Di antara kesenian itu, kuda lumping atau kuda kepang atau jaran kepang, kesenian yang sudah lama hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan banyak digemari. Kuda Jepang selain sarat dengan nilai seni juga ada ritual di dalamnya,” katanya.

Pihaknya bersyukur di kabupaten tersebut, kesenian itu berkembang dengan baik, minat generasi muda menggeluti cukup besar.

“Ini merupakan hal yang positif dan harus dibangun bersama. Mari bahu-membahu mengembangkan kesenian tradisional dan bukan hanya kuda kepang, tetapi kesenian-kesenian lainnya yang juga harus dilestarikan,” ujarnya.

Sementara itu, Panitia Festival Kuda Kepang 2023, Rismanto, pada acara yang dihadiri jajaran pemerintah daerah, DPRD dan forkopimda mengatakan, selain dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda, kegiatan itu sebagai upaya melestarikan seni dan budaya bangsa. (ade/pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini