Diduga, Truk Pengangkut J&T Penyebab KMP Trabship 1 Terbakar

0
246

Lampung Selatan, Wartaalam.com – Truk pengangkut paket J&T diduga menjadi penyebab kebakaran KMP Tranship 1, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Kepala KSKP Bakauheni AKP Ridho Rafika mengatakan, kapal ferry yang berlayar dari Pelabuhan Merak itu mengalami kebakaran saat hendak bersandar di Dermaga 6.

“Sekira 3 mil laut dari Dermaga 6, tiba-tiba dari dek kapal muncul asap tebal,” kata Ridho saat dihubungi, Jumat (20/10/2023) sore.

Dari keterangan yang dihimpun kepolisian, kebakaran berasal dari truk J&T B 9239 UXW di dalam KMP Tranship 1.

“Masih dalam penyelidikan penyebab truk itu terbakar, termasuk muatan yang dibawa,” kata Ridho.

Kapten kapal yang mendapat laporan terjadinya kebakaran langsung berkoordinasi dengan ASDP dan mengarahkan kapal ke Dermaga 4 Pelabuhan Bakauheni.

“KMP Tranship 1 seharusnya sandar di Dermaga 6, tetapi untuk percepatan evakuasi langsung diarahkan ke Dermaga 4,” katanya.

Dia mengatakan, pihaknya langsung mendatangi lokasi untuk membantu proses evakuasi para penumpang.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sekira 200 penumpang kapal berhasil dievekuasi.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung Komisaris Besar (Kombes) Umi Fadillah mengatakan, proses evakuasi dilakukan secara cepat untuk menyelamatkan para penumpang.

“Evakuasi penumpang yang pertama dilakukan,” kata Umi.

Hal itu mengingat pelabuhan merupakan objek vital, terlebih Pelabuhan Bakauheni merupakan di antara pelabuhan terpadat di Indonesia.

Kapolda Lampung irjen Poll.Helmy Santika memerintahkan kepala biro Operasi, Direktur Kriminal Umum dan Direktur Intelkam melakukan pengecekan secara langsung di lapangan.

Diberitakan sebelumnya, satu unit kapal ferry mengalami kebakaran saat hendak sandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (20/10/2023) sekira pukul 16.00 WIB.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Telah terjadi kebakaran di KMP Tranship 1 milik PT Tranship Indonesia yang berlayar dari Merak menuju Bakauheni,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat sore. (dn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini