Pantai Minang Rua 75 Besar Desa Wisata Terbaik

0
392

Loading

Lampung Selatan, Wartaalam.com – Desa Wisata Kelawi dan Konservasi Pantai Minang Rua, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, masuk kurasi 75 Besar Desa Wisata Terbaik Nasional 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf ) RI, Sandiaga Salahuddin Uno kunjungan ke Desa Kelawi dan Konservasi Pantai Minang Rua, Sabtu (27/5/2023).

Kunjungan Sandiaga Uno ke Bumi Khagom Mufakat itu, dalam rangka visitasi 75 Desa Wisata Terbaik, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Dalam kunjungan itu, hadir juga Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Lampung Bobby Irawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin serta jajaran Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir juga Kadis Pariwisata Kabupaten Lampung Selatan M. Darmawan, beserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Lampung Selatan, camat Bakauheni dan jajaran Forkopimcam, pelaku usaha, serta undangan terkait lainnya.

Sandiaga Uno terkesan akan keindahan Pantai Minang Rua.

Menurut dia, spot-spot yang ada di destinasi wisata Pantai Minang Rua indah dan bagus untuk dikunjungi.

“Mudah-mudahan Desa Wisata Pantai Minang Rua bisa menjadi juara desa wisata se-Indonesia. Tadi saya sudah lihat semua (spot), saat lari pagi bersama Dandim dan pak Kapolres. Saya berkesan Pantai Minang Rua memang mantap,” ujarnya.

Dia berpesan pihak Pokdarwis sebagai pengelola destinasi wisata Pantai Minang Rua dapat terus berinovasi memberikan kenyamanan pada pengunjung sehingga semakin banyak pengunjung.

“Saya berpesan semangat terus untuk Pokdarwis Desa Kelawi. Saya berharap selalu berinovasi dan ditambah spot-spotnya supaya pengunjung nyaman dan aman,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan M. Darmawan mengatakan, untuk menentukan juara umum ADWI 2023 didasarkan pada lima kategori penilaian.

Kategori itu kata dia, daya tarik pengunjung, potensi kreativitas dan hasil karya desa wisata, peningkatan kualitas standar pelayanan.

“Kemudian penilaian lainnya digital dan kreatif dalam hal pemanfaatan digitalisasi promosi desa wisata. Dan penilaian terakhir tentang Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE berstandar nasional,” katanya..

Dia optimistis dengan segala potensi yang ada di Desa Wisata Minang Rua dan upaya dari semua pihak, termasuk pemerintah daerah, para pengelola dan masyarakat, Desa Wisata Minang Rua layak menjadi juara nasional.

“Kalau sudah masuk 75 Besar Desa Wisata, maka sudah menjadi juara. Dan kami berharap tak kalah bersaing dengan desa wisata di tempat lain. Semoga Minang Rua bisa menjadi juara nasional,” katanya

Sementara, pengumuman juara umum untuk masing-masing kategori akan diumumkan Malam Anugerah ADWI 2023 yang dijadwalkan Juli 2023 mendatang. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini