Mendag Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran Stabil

0
985
Mendag, Zulkifli Hasan saat memantau harga bahan pokok di Pasar Cenderawasih Metro. (ant)

METRO, WARTAALAM.COM – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan harga barang kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Metro masih stabil.

Hal ini dikatakan Mendag saat meninjau harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Cenderawasih, Kota Metro, Kamis (13/4/2023).

“Dibanding tahun lalu, harga barang kebutuhan pokok pada Lebaran ini memang masih lebih murah. Seperti di Metro ini malah deflasi, bukan mengalami inflasi. Ini sangat bagus,” kata dia usai tinjauan.

Ia mengatakan, harga beberapa komoditas di Kota Metro turun harga dibanding seminggu sebelumnya. Dimana, untuk telur ayam ras Rp28.000/kg, bawang putih Rp32.000/kg, cabai merah besar Rp25.000/kg, dan cabai rawit merah Rp25.000/kg.

“Di Jawa Tengah harga kebutuhan bahan pokok lebih murah dibanding di Kota Metro. Tetapi ini wajar, karena Jawa Tengah penghasil bawang sedangkan kalau di Metro kan ada biaya pengirimanya,” jelasnya.

Zulkifli mengapresiasi Pemkot Metro yang telah berhasil menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok menjelang Lebaran.

Ia berharap, sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok dapat terus dipertahankan.

“Terima kasih Wali Kota Metro yang berhasil membuat harga bahan pokok semakin turun menjelang lebaran. Begitu juga kepada daerah lain, stok bahan pokok banyak. Baru pertama kali menjelang Lebaran, harga mengalami deflasi,” ucapnya.

Zulkifli juga memastikan untuk stok beras pemerintah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Lebaran ini. Bahkan, pemerintah pusat saat ini sedang membagikan beras kepada 20 juta lebih masyarakat kurang mampu diseluruh Indonesia.

“Cadangan beras pemerintah cukup bahkan lebih. Malah sekarang ini pemerintah sedang membagikan beras untuk. Jadi setiap masyarakat kurang mampu dapat 10 kg beras,” paparnya.

Ia juga mengimbau masyarakat dapat menghadapi lebaran dengan tenang karena harga bahan pokok terjangkau dan pasokannya banyak.

Sementara itu, untuk harga komoditas lainnya di Kota Metro yang masih stabil antara lain beras medium Rp11.500/kg, beras Bulog Rp9.450/kg, beras premium Rp13.000/kg, gula pasir Rp13.500/kg, tepung terigu Rp13.000/kg, minyak goreng premium Rp21.000/liter, Minyakita Rp14.000/liter, minyak goreng curah Rp13.950/liter, daging sapi Rp130.000/kg, daging ayam ras Rp32.000/kg, bawang merah Rp30.000/kg dan cabai merah keriting Rp30.000/kg. (fir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini