Dukung Penguatan Karakter dan Integritas Pelajar Pancasila, Bupati Lamsel Kunjungi SMA N 1 Kalianda

0
672

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto melakukan kunjungan sekaligus menjadi pemateri pada dialog wawasan kebangsaan tentang penguatan pendidikan karakter menuju profil pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Kalianda, Senin (3/4/2023).

Kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah setempat, diikuti dengan semangat dan antusias para pelajar dan dewan guru SMA 1 Kalianda.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMA 1 Kalianda Darmiyati mengatakan, kunjungan tersebut merupakan bukti nyata Pemda Lampung Selatan memperhatikan dunia pendidikan dan juga merupakan bentuk sinergi antara pemda dan dunia pendidikan.

“Kami merasa terhormat dan bersemangat menerima kunjungan Bapak Bupati ke sekolah kami, seperti orang tua yang mengunjungi anak-anaknya,” katanya.

Darmiyati ml mengatakan, SMA N 1 Kalianda menjadi sekolah negeri tertua di Kalianda yang sudah meluluskan banyak alumni, dan memiliki siswa sekira 1102 orang dan 82 guru.

Ia mengatakan, tantangan pendidikan saat ini sangatlah kompleks dan beragam, terutama bagi sekolah dan guru dalam menghadapi kenakalan remaja yang semakin meningkat.

Sehingga guru dan sekolah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan karakter siswa.

“Semoga dengan adanya kehadiran pak Bupati di sini dapat memberikan motivasi anak-anak kami agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan terlebih terkait kenakalan remaja,” katanya.

Bupati mengatakan, di era perubahan yang terus berlangsung, kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang baru sangatlah penting.

Menurut Nanang, penting mempersiapkan diri sekarang dan menanamkan fundamen dasar Pancasila serta nilai integritas dan karakter di dalam diri agar menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat dan bangsa.

Hal ini juga sejalan dengan tema penguatan pendidikan karakter menuju profil pelajar Pancasila yang menjadi fokus utama dalam acara tersebut.

“Cepatlah beradaptasi melihat situasi dan kondisi yang akan dihadapi dengan mempersiapkan diri sekarang tanamkan fundamen dasar pancasila serta nilai integritas dan karakter di diri kita agar kita bisa menjadi manusia yang berguna,” ujarnya.

Di hadapan para pelajar, Nanang juga memberikan pesan untuk terus rajin belajar dan menikmati prosesnya.

Selain itu, ia juga mengajak para siswa mengasah keterampilan bakat, dan kemampuan yang dimiliki serta terus mengembangkan keahlian yang dibutuhkan di masa depan.

“Belajarlah dengan rajin dinikmati prosesnya, cari ilmu sebanyak-banyaknya, asah skil dan kemampuan ,bakat yang adik-adik punya. Saat ini bekerja itu tidak ditanya ranking, kembangkan keahlian, bagaimana membentuk karakter dari pengalaman,” ujarnya.

Nanang mengatakan, saat ini, dunia kerja tidak lagi hanya mempertimbangkan peringkat akademik seseorang, tetapi juga melihat kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Oleh karena itu, penting bagi pelajar untuk terus mengembangkan diri dan membentuk karakter dari pengalaman. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini