Lomba Desa Pemicu Semangat Kinerja Semua Elemen

0
534

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto mengatakan lomba desa merupakan ajang pemicu semangat kinerja semya elemen.

Menurut istri bupati Lampung Selatan pada penilaian Lomba Desa di Desa Sukajaya, Kecamatan Katibung, Senin (20/2/2023), penilaian Tim Kabupaten dijadikan acuan dan semangat untuk lebih memajukan desa agar tidak tertinggal dan bisa jadi contoh desa yang lain.

Dia meminta pemerintahan desa bergotong royong memajukan kabupaten dari tingkat desa.

Menurutnya, jika potensi di desa meningkat, desa maju, kecamatan dan kabupaten pasti ikut maju.

“Pak Kades gali potensi-potensi yang ada untuk dikembangkan,” katanya.

Menurut dia, 10 program pokok PKK harus dijalankan di tingkat desa dan sejalan dengan program pemerintah.

Plt. Staf Ahli Bidang Pemerintahan Yanny Munawarty mengatakan, dipilihnya Desa Sukajaya mewakili Kecamatan Katibung sudah siap di segala aspek.

“Saya kira Desa Sukajaya mewakili 12 desa sudah siap di semua aspek,” katanya.

Dia berharap penilaian lomba itu menjadi evaluasi perkembangan sekaligus mendorong dan memotivasi semua elemen untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada warga.

“Untuk mencapai tujuan pembangunan desa ada dua indikator utama yang harus dilengkapi, data indeks desa membangun (IDM) dan data profil desa. Keduanya menjadi patokan atau tolokukur pemerintah desa bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian,” katanya.

Kepala Desa Sukajaya Rustam Effendi mengatakan, pemerintahan desa di Katibung sudah ada sejak 1989.

Menurut dia, di desa itu terdapat empat dusun, 720 KK dengan jumlah penduduk 2479 jiwa sekira 57 persen bekerja sebagai buruh pabrik.

“Terpilihnya Desa Sukajaya kebanggan bagi kami dan kami berterima kasih kepada pemerintah kecamatan telah memberikan kepercayaan kami maju mewakili kecamatan,” ujarnya.

Dia berharap penlaian lomba tersebut dapat meningkatkan kinerja pemerintahan desa. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini