Kades Harus Manfaatkan APBDes untuk Optimalisasi Potensi

0
303

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto meminta Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dimanfaatkan untuk mengoptimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah masing-masing.

Menurut Nanang saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Palas, di Lapangan Desa Bali Agung, Rabu (1/2/2023), anggaran dana desa harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berinovasi membangkitkan pertumbuhan ekonomi.

“Gali potensi yang ada, seluruh kepala desa kumpul, solusi pembiayaannya gimana? Kita ada pihak ketiga, misalnya Bank Lampung untuk pembiayaannya,” ujar dia.

Menurutnya, dalam mengembangkan potensi desa diperlukan kreativitas dan inovasi seluruh pemangku kepentingan. Mulai dari pemerintahan desa, pemerintahan kecamatan dan pemerintahan kabupaten, serta didukung para pelaku usaha setempat.

Sinergitas yang baik, kata dia, menjadi poin utama yang harus terus ditingkatkan. Diharapkan pembangunan yang akan dilaksanakan sesuai dan sejalan dengan program pusat serta mampu membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Kreativitas inovasi dibutuhkan, kita tidak bisa terus-menerus mengandalkan bantuan-bantuan dari pusat dan pemerintah daerah,” katanya.

Sementara, Camat Palas Ns. Rosalina mengatakan, kecamatan tersebut memiliki luas wilayah 173,56 km² yang didominasi pertanian, terutama pada sektor persawahan dan minim wisata alam.

Kecamatan Palas tetap berinovasi dengan mengoptimalkan potensi wisata buatan, serta memanfaatkan lahan sawah sebagai objek wisata guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Kecamatan Palas potensinya persawahan tapi kami juga ingin persawahan itu menjadi potensi yang mengangkat ekonomi melalui wisata. Kami ada agrowisata mina padi di sawah, perpaduan pertanian dan perikanan,” ujarnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini