23.8 C
Bandar Lampung
Sabtu, Januari 28, 2023
spot_img
BerandaDaerahRekrut dan Lantik PPK, Komisioner KPU Lampung Timur Langgar...

Rekrut dan Lantik PPK, Komisioner KPU Lampung Timur Langgar Administrasi Pemilu

 225 dilihat

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM – Pelanggaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur atas kelalaiannya meloloskan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang jelas-jelas masuk dalam SK kepengurusan partai politik, sebagai peserta pemilu.

Begitulah setidaknya hasil keputusan yang disampaikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur, Selasa (10/1/2023), di ruang sidang Gakumdu.

Sidang putusan dugaan pelanggaran administratif pemilu tersebut. Bawaslu Lampung Timur, telah memutuskan dan mengabulkan laporan pengaduan Markas Cabang Laskar Merah Putih.

Dalam putusannya Majelis Pemeriksa (Bawaslu Lampung, Red) menyatakan terlapor (KPU, Red) terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan kelalaian terhadap prosedur, tata cara dan mekanisme dalam seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Adapun dalam keputusannya majelis pemeriksa memerintahkan KPU untuk melakukan perbaikan secara administratif terhadap prosedur, tata cara, dan mekanisme dalam seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan yang tercantum dalam SK kepengurusan DPD II Partai Golkar Kabupaten Lampung Timur nomor : KEP-23 /DPDPG-1DPDPG-1/LPG/XI/2020 tanggal 14 November 2020.

Melalui Ketua Harian LMP Macab Lampung Timur Rini Mulyati mengatakan, keputusan Bawaslu tentu sudah memenuhi rasa keadilan.

“Tentu keputusan itu benar karena mungkin banyak lagi yang berminat untuk menjadi anggota PPK, tapi terganjal dengan aturan, lah kok tiba-tiba KPU dengan tanpa dosa berani mengabaikan aturan itu,” ujar Rini Mulyati, yang ternyata belum lama mengundurkan kepengurusan Parpol.

Dalam kesempatan yang sama Amir Faisol, ketua Macab LMP Lampung Timur berharap dengan kejadian tersebut dapat menjadi tolokukur seluruh masyarakat Lampung Timur dalam bersama-sama mengawasi pemilu yang akan dilaksanakan tahun 2024 sehingga tercipta pemilu yang bersih, jujur dan berkeadilan. (fir)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Pemkab Lamsel dan Kejari Teken MoU Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik dan Bantuan Hukum

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab...

Ketua DPRD Lamtim Pastikan 2023 Sekira 112 Desa Laksanakan Pilkades

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Sekira112 desa di Lampung Timur...

Rusia: Pengiriman Tank Bukti NATO Terlibat

MOSKOW, WARTAALAM.COM - Rusia menilai keputusan negara-negara Eropa dan...

Bawaslu Lamsel : Rekrutmen Petugas Pantarlih Harus Profesional

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Komisioner Divisi Badan Pengawas Pemilu...
spot_img
Semua Negara
674,417,904
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on January 27, 2023 6:36 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini