Bupati Lamsel Tanam Bibit Durian di Desa Bali Agung

0
204

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto menghadiri silaturahmi dan penanaman bibit durian di kawasan agrowisata kebun durian di Desa Bali Agung, Kecamatan Palas, pada Minggu (21/8/2022) pagi.

Dalam kegiatan itu, Nanang Ermanto menanam durian dan meresmikannya melalui penandatangan prasasti. Dan direncanakan kawasan itu dibuat wisata terpadu dengan dibangun kolam pemancingan ikan, kawasan pertanian organik, dan mina padi.

Ketua Pelaksana Kegiatan Nyoman Supat Widya penginisiasi agrowisata kebun durian di Desa Bali Agung melaporkan, kegiatan sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan bertujuan ikut membangun dari sektor agrowisata.

“Saya ingin Desa Bali Agung mempunyai satu icon wisata, agrowisata kebun durian yang kami beri nama pondok SW (Support Widya), semoga menjadi kebanggaan warga dan percontohan desa-desa lain atau daerah lain,” katanya.

Dia mengatakan, agrowisata kebun durian yang diinisiasi tersebut, menggunakan metode tanam tiga atau “Triple Tree Planting Method” kaedah menanam tiga pohon durian sekaligus.

Adapun jenis durian yang ditanam terdiri durian musang king, durian duri itam, dan durian bawor.

“Triple Tree Planting Metode merupakan kaedah menanam tiga pokok durian sekaligus yang sudah lama dipraktikan di negara jiran Malaysia. Dengan metode ini kami buat gundukan terlebih dahulu, kemudian dalam satu gundukan terdapat tiga jenis durain yaitu durian musang king, duri itam, dan durian bawor,” ujar dia.

Sementara, Nanang Ermanto mengapresisasi terbentuknya agrowisata kebun durian yang di inisiasi pemuda setempat.

Ia mengatakan, adanya agrowista kebun durian memiliki dampak jangka panjang dalam meningkatkan sentra ekonomi warga setempat.

Adanya inisiasi kebun durian memberikan dampak positif dari segi pelestarian lingkungan, menambah penghasilan, menciptakan sumber pangan dan juga meningkatkan kesejahteraan, katanya.

Dia berharap, seluruh bibit yang telah ditanam dijaga dan dirawat sehingga tumbuh baik dan hasil maksimal. (hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini