Lamsel Tuan Rumah Gebyar Budaya TCM

0
118

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Kabupaten Lampung Selatan menjadi tuan rumah Gebyar Budaya dan Silahturahmi Keluarga besar Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal (TCM). di Lapangan Kantor Kecamatan Jatiagung, Sabtu (30/7/2022).

Acara yang digagas Dirbinmas Polda Lampung bersama Keluarga Besar Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal, mengusung Tema “Merajut Kebhinekaan, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa demi NKRI Guna Menciptakan Harkamtibmas yang Kondusif Menuju Lampung Berjaya”.

Ketua Panitia Kegiatan AKBP Ade Yaman dalam laporannya menyampaikan, kegiatan bertujuan memperkokoh tali silaturahmi dan meningkatkan kelestarian budaya nusantara, khususnya berbagai kesenian dan budaya di Provinsi Lampung.

Mengingat, Provinsi Lampung merupakan miniatur Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, bangsa, agama, adat istiadat dan budaya. Ditambah dengan integritas masyarakat Lampung yang menjadi modal dasar dalam pembangunan Lampung yang lebih maju dan mampu bersaing dengan provinsi lainya di Indonesia.

Kegiatan tersebut juga sebagai wadah dan ajang silahturahmi anak bangsa yang ada di Provinsi Lampung, melalui budaya dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk menciptakan harkat Kantibmas yang kondusif di wilayah Provinsi Lampung, selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan melestarikan dan menjaga budaya-budaya Nusantara yang tumbuh dan berkembang yang ada di Provinsi Lampung, ujarnya.

Peserta gebyar budaya merupakan perwakilan pencinta seni dan budaya dari berbagai suku di Provinsi Lampung yang menampilkan berbagai kesenian dan mementaskan tarian daerah yang di antarabya tari Sigeh Pangunten, tari Gejlug, Reog Ponorogo dan tari Pendet dari Bali, ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin dalam sambutanya menyampaikan, ucapan terimakasih serta apresiasi atas terselenggaranya rangkaian kegiatan gebyar budaya yang dilaksanakan di Kecamatan Jatiagung.

Acara itu, selain bertujuan menumbuhkan jiwa nasionalisme generasi muda dalam memperkokoh jati diri bangsa, juga menumbuhkan cinta terhadap seni budaya yang dimiliki bangsa khususnya budaya Paguyuban Turonggo Cita Manunggal, katanya.

Sebagai wadah kesenian yang ada di Provinsi Lampung, kata Thamrin, Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal sudah banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan pengembangan berbagai kesenian.

Hal itu tentunya tidak terlepas dari adanya rutinitas pembinaan yang dilakukan Binmas Polda Lampung.

Untuk itu, dia berharap melalui gelaran gebyar budaya akan menambah pemahaman mengenai pentingnya Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal di Provinsi Lampung.

Paguyuban tersebut berusaha sebaik mungkin untuk melestarikan adat budaya daerah yang ada di Indonesia khususnya Provinsi Lampung.

“Maka dari itu kita juga berkewajiban bersama-sama melestarikan adat budaya yang ditinggalkan nenek moyang kita, karena adat budaya inilah warisan berharga yang harus kita jaga dan lestarikan, sehingga akan terus dapat dinikmati oleh generasi muda di masa yang akan datang,” katanya.

Selain itu, kata dia, hal tersebut juga sesuai dengan tema yang diusung pada gebyar budaya itu, “Merajut Kebhinekaan, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa demi NKRI Guna Menciptakan Harkamtibmas yang Kondusif Menuju Lampung Berjaya.” (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini