Dinas PUPR Pringsewu Tambah 1 Unit Mobil Sedot Tinja

0
316

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Dinas PUPR Kabupaten Pringsewu mendapatkan bantuan satu unit mobil sedot tinja langsung diterima Kadis PUPR setempat Imam Santiko Raharjo didampingi Kabid Cipta Karya Araina Dwi Rustiani serta KUPTD Pengelolaan Air Limbah Hotma Parulian Batubara, di halaman kantor setempat, Jumat (29/10/2021).

Kadis PUPR Pringsewu Iman Santiko Raharjo, mengatakan, penambahan mobil agar pelayanan masyarakat lebih meningkat, terutama dalam pelayanan limbah rumah tangga.

Untuk saat ini pelayanan di bagian limbah masih belum banyak tapi ke depan akan lebih banyak yang membutuhkan pelayanan UPT Air Limbah, kata dia.

“Dengan adanya tambahan satu unit mobil untuk menyiapkan kebutuhan pelayanan bagi masyarakat wilayah kami dan berguna bagi masyarakat guna menunjang kebersihan yang lebih baik lagi, serta bermanfaatkan bagi masyarakat yang membutuhkan. Kendaraan ini berasal dari DAK senilai Rp 570 juta,” kata Imam Santiko.

Sementara itu Kabid Cipta Karya Araina Dwi Rustianti mengatakan, untuk kapasitas tampung truk tersebut diperkirakan satu kubik atau mampu menyedot dua septitank.

“Nanti akan ada program sanitasi layak tidak dua tahun septitank yang sudah kami sedot disedot ulang termasuk mengangkat sendimen-sendimen yang sudah mengeras,” kata dia.

UPTD pengelola air limbah sudah ada namun belum jalan karena menunggu truk penyedot dan menunggu peraturan daerah tentang biaya operasional yang nanti akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Penentuan tarif itu lewat Peraturan Bupati (Perbup) yang jelas tinja akan ditampung di tempat pengelolaan limbah di Pekon Bumiayu, Kecamatan Pringsewu, ujarnya

Hadir pada kegiatan tersebut seluruh kepala bidang, para kasi, kasubag, dan seluruh pegawai pada dinas itu. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini