Pemkab Lamsel Gelar STQ Menuju MTQ ke-49 Provinsi Lampung

0
109

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat kabupaten, mulai 11-13 Oktober 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin membuka kegiatan itu, di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Senin (11/10/2021).

Turut hadir dalam acara itu, Asisten Bidang Administrasi Umum Badruzzaman, Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Akar Wibowo, serta Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan Ashari.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Lampung Selatan, A Kholil mengatakan, tujuan digelarnya STQ tersebut untuk mencari bibit qori dan qoriah terbaik.

“Tidak hanya itu kami juga mencari hafiz- hafidzoh dan kafilah Lampung Selatan untuk berlaga di ajang MTQ tingkat Provinsi Lampung dan nasional,” kata Kholil.

Sementara, mewakili Bupati Lampung Selatan, Sekda Thamrin berharap, melalui seleksi itu akan terjaring para qori dan qoriah berprestasi yang akan mewakili Kabupaten Lampung Selatan pada Tilawatil Quran ke-49 tingkat Provinsi Lampung.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta, saudara-saudara semua termasuk orang yang terpilih mengikuti Seleksi Tilawatil Quran ke II tingkat Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021,” ujarnya.

Thamrin berpesan kepada seluruh peserta yang terpilih nantinya, bisa mengharumkan nama daerah pada Tilawatil Quran tingkat provinsi tahun 2021.

“Kami berharap para peserta seleksi yang mengikuti seleksi ini dapat tampil dengan prima dan berusaha serta berjuang menampilkan yang terbaik. Sehingga ke depan pada MTQ tingkat provinsi, Kabupaten Lampung Selatan dapat mengukir kembali prestasi sebagai juara umum,” katanya.

Thamrin berharap melalui penyelenggaraan STQ ke-II Tingkat Kabupaten Lampung Selatan, dapat menjadi syiar Islam, senantiasa berikhtiar sehingga Quran senantiasa diakrabi, dipelajari, dipahami serta diamalkan.

“Jadikan kesempatan seleksi ini sebagai momentum untuk meningkatkan kemampuan saudara dalam mendalami Quran sebagai pedoman hidup,” katanya.

Sementara itu, kegiatan STQ yang diikuti 230 peserta dengan dewan hakim 40 orang dan perangkat dewan hakim 30 orang, terdiri dari beberapa cabang lomba, yakni :

Cabang Tilawah dilaksanakan di Aula PKK  Kabupaten Lampung Selatan
Cabang Cacat Netra dan Qiro’at Sab’ah dilaksanakan di Aula Rajabasa.
Cabang Tartil Quran Hifdzil Quran 1,5 Jus Ma’attilawah dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Lampung Selatan.
Cabang Tafsiril Quran dan Hifdzil Quran 10, 20, 30 Jus dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Lampung Selatan.
Cabang Fahmil Quran,  Syahril Quran, dan Khottil Quran dilaksanakan di MTS N Kalianda.
Cabang Maqolah Alquran.
Cabang Ilmu Hadist 100 dan Hadist 500. (hen/rif/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini