Polwan Polda Lampung jadi Anggota Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara FPU 3 Minusca

0
95

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Brigadir Satu (Briptu) Sarining Pangestuti (24) menjadi satu-satunya polwan di jajaran Polda Lampung yang akan ditugaskan di misi perdamaian dunia, di bawah organisasi Internasional Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nations (UN).

Ia bergabung dalam Kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara Formed Police Unit (FPU) 3 Minusca yang ditugaskan di Bangui, Afrika Tengah, September nanti.

Sari panggilan akrabnya merupakan anak kedua dari dua saudara yang tinggal di Kabupaten Tulangbawang dan sehari-hari bertugas di Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tulangbawang.

Pada Agustus 2020, Briptu Sari melaksanakan pendaftaran dan mengikuti tes seleksi misi internasional pasukan PBB Polri yakni FPU (Formed Police Unit) 3 Minusca dengan beberapa tes yang dilalui yakni tes psikologi, komputer, kesehatan, jasmani, bahasa Inggris, menembak, dan mengemudi.

“Dari 12 peserta yang mengikuti tes di Polda Lampung pada Februari 2021, saya  mendapatkan hasil pengumuman misi internasional ke negara Central Africa dan ternyata saya berhasil lulus serta terpilih dalam proses seleksi ini dan menjadi dari 154 orang se-Indonesia serta menjadi satu – satunya perwakilan polwan dari Polda Lampung yang berhasil lolos terpilih dalam misi ini,” ujar Briptu Sari, dalam keterangannya, Selasa.

Sari, melanjutkan pada awal April 2021, dirinya memulai pelatihan FPU 3 Minusca yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan (Pusdik) Lantas di Serpong dan  mengikuti kegiatan pelatihan selama 5 bulan yang rencananya akan melaksanakan penugasan (deploy) awal September 2021.

Ia pun mengikuti rangkaian pelatihan bersama peserta lainnya sekira 154 personel.

Dalam misi ini Briptu Sari menjadi polwan satu satunya yang dipercaya untuk menjinakkan kuda besi tempur berlapis baja yakni kendaraan Armoured Personnel Carrier (APC) Phantom milik UN. Dan prosesnya sangatlah tidak lama dan saat ini dirinya sudah mahir dan mampu menguasai kendaraan lapis baja tersebut.

Sari bangga karena menjadi perwakilan yang lolos dalam seleksi dan berkesempatan mengikuti pelatihan hingga pemberangkatan misi September ini.

“Banyak sekali yang menjadi alasan saya untuk memilih mengikuti misi PBB ini, karena pastinya banyak pengalaman yang saya dapatkan di luar tugas saya sehari hari sebagai anggota Unit Tipidkor Satreskrim Polres Tulangbawang Polda Lampung sehingga dapat meningkatkan kapabilitas saya sebagai anggota Polri dan dalam hal berbahasa Inggris maupun Prancis,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga memperoleh banyak rekan kerja yang dianggap sebagai keluarga baru dari beragam satuan kerja (Satker) dan fungsi dari seluruh Indonesia,.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan,  contoh figur-figur seperti inilah yang diharapkan pimpinan Polri untuk menjadi contoh penyemangat bagi para Brigadir Polri khususnya di Polda Lampung untuk senantiasa berkarya dan mengukir prestasi di kancah Internasional untuk membawa harum nama baik Polri. (nov)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini