Gubernur Lampung Ajak Petani Kembangkan Banyak Komoditas

0
108

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengharapkan, petani di daerah itu mengembangkan lebih dari satu komoditas untuk meningkatkan kesejahteraan.

Petani diharapkan dapat mengembangkan lebih dari satu komoditas saat mengusahakan lahannya, agar peningkatan kesejahteraan dapat tercapai, ujar Arinal, Jumat (25/6/2021).

Menurutnya, dengan mengembangkan lebih dari satu komoditas, petani dapat memanfaatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pengembangan komoditas lainnya.

Bila petani padi sudah mengembangkan kopi, maka dapat mengembangkan komoditas lainnya seperti lada melalui sistem tumpang sari, dan bila telah mendapatkan KUR berkisar Rp50 juta dapat diusahakan lagi untuk modal beternak, ujarnya.

Arinal mengatakan, dengan mengembangkan lebih dari satu komoditas, petani dapat mengusahakan beragam komoditas pertanian dan perkebunan.

Di Tanggamus telah dicoba petani melakukan pengembangan komoditas lebih dari satu, dan melakukan pengembangan ternak juga, sehingga ekonomi kerakyatan dapat bertumbuh di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung,” katanya.

Praktik pengembangan lebih dari satu komoditas dalam satu lahan pertanian telah dilakukan petani di Lampung, Marsin.

“Saya melakukan tumpang sari antara tanaman lada dan kopi, agar bisa mengantisipasi kerugian bila adanya gagal panen pada kebun lada,” ujar Marsin.

Dia mengatakan, dengan menanam beragam komoditas tersebut akan membantu petani tetap produktif.(amar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini