28.7 C
Bandar Lampung
Jumat, September 30, 2022
spot_img
BerandaDaerahKeluarga Besar SMP Negeri 2 Gunung Agung Gelar Solat...

Keluarga Besar SMP Negeri 2 Gunung Agung Gelar Solat Minta Hujan

 15 dilihat

TUBABA, WARTAALAM.COM – Kondisi cuaca yang ekstrem telah membuat suasana kehidupan kurang nyaman. Terik panas dan kemarau panjang telah membuat tetumbuhan layu mengering bahkan mulai mati. Sumber air bersih sudah mulai susah didapat karena sumur-sumur warga mulai mengering. Dalam kondisi demikian, keluarga besar SMP Negeri 2 Gunung Agung tergerak berinisiatif menggelar solat Istisqo, untuk minta hujan.

Solat dilaksanakan pada Kamis (26/9/2019) kemarin, di halaman SMPN 2 Gunung Agung yang berada di Tiyuh Marga Jaya Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung. Tidak kurang dari 350-an orang ikut solat berjamaah, terdiri dari seluruh siswa, dewan guru, kepala sekolah dan karyawan serta masyarakat sekitar, termasuk Kepalo Tiyuh Marga Jaya, Boimin dan Ketua PHBI setempat, Kiayi Abdul Jalal.

Kepalo Tiyuh Marga Jaya, Boimin kepada WartaAlam.com mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan ibadah agama Islam yang diinisiasi oleh Kepala Sekolah SMPN 2 Gunung Agung tersebut. Ia melihat semua anggota keluarga SMPN 2 Gunung Agung melibatkan diri, tak hanya warga muslim, siswa non muslim seperti Nasrani dan Hindu juga tampak ikut membantu. Ada yang bertindak sebagai fotografer untuk mengabadikan kegiatan dan mereka juga ikut ramai-ramai mempersiapkan tempat dan membersihkan lokasi usai digunakan.

Beberapa pelajar non muslim yang terlihat di lokasi, ketika ditanya keterlibatannya, kepada WartaAlam.com menerangkan, sebagai solidaritas, mereka juga sama memiliki keinginan akan datangnya hujan. Kalau hujan turun kami juga ikut menikmati, demikian dikatakan mereka.

Terpisah, usai melaksanakan solat Istisqo, Kepalo Tiyuh Marga Jaya kepada WartaAlam.com banyak bercerita tentang perubahan positif yang terjadi di SMP yang ada di wilayahnya itu.

Pak Nurhamid sudah banyak membuat perubahan di sekolah itu. Kegiatan kemarin saya lihat anak-anak dan masyarakat begitu antusias sekali ikut dengan membawa peralatan sholat dari rumah masing-masing,” kata Boimin.

Bertindak sebagai Imam solat Ketua PHBI, Kiayi Abdul Jalal dan Khotib Kepala Sekolah SMPN 2 Gunung Agung. Dalam khutbahnya, khotib Nurhamid, M. Pd mengajak siswa dan seluruh warga untuk memohon ampunan kepada Allah SWT, memperbaiki amal ibadah dan meninggalkan maksiat.

Dalam kesempatan itu, usai solat siswa-siswi juga sempat mengumpulan infak dari jamaah, terkumpul dana sebesar Rp. 507.000,- Penggalangan dana ini untuk membantu pembangunan Masjid Al-Ikhlas. (ES.007)

Kontributor : Elia Sunarto

Berita Terkait

Hari Kedua Roadshow di Lamsel, KPK Edukasi Satuan Pendidikan

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Pelaksanaan hari kedua Roadshow Bus...

Pekon Totokarto Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2023

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pekon (desa) Totokarto, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten...

Pemkab Lamtim Kangkangi Perbup

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Alokasi Dana Desa (ADD) Pemerintah Kabupaten...

Keuangan Bermasalah Pemkab Lamtim Lempar Bola ke Kominfo

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Tidak dapat merealisasikan kewajibanya merupakan...
spot_img
Semua Negara
622,547,034
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 30, 2022 10:22 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini