Kabupaten Pringsewu Tuan Rumah Muswil III Forum MKKS Provinsi Lampung

0
123

PRINGSEWU, wartaalam.com — Kabupaten Pringsewu menjadi tuan rumah Musyawarah Wilayah III Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP (FMKKS) Provinsi Lampung, Rabu (18/9/2024).

Sekda Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi saat membuka Muswil yang diikuti para pengurus MKKS SMP dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, mengatakan, kepala sekolah memiliki peran strategis.

Di samping menghadapi masalah teknis, kepala sekolah juga dihadapkan pada masalah non teknis dan dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif.

“Tugas seorang kepala sekolah bagaimana ia mengolah input pendidik menjadi pendidik yang profesional dan berkompeten, serta menumbuhkembangkan potensi para peserta didik,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, harus dihilangkan sekat-sekat di antara guru, tata usaha dan lainnya. Selain itu, perlu dibangun manajemen berbasis masyarakat, menanamkan nilai-nilai religius kepada pendidik dan peserta didik, juga mengajak para guru untuk mendoakan putra-putri dan siswanya.

Menurutnya, menjadi pendidik merupakan profesi yang sangat mulia.

Sementara itu, Ketua MKKS SMP Provinsi Lampung Drs.Irwan Qolbi mengapresiasi sekda Pringsewu yang menghadiri dan membuka Muswil ke-3 Forum MKKS SMP Provinsi Lampung.

Menurut dia, Forum MKKS Provinsi Lampung berdiri sejak 2018.

“Dari keberadaan MKKS SMP dibutuhkan suatu koordinasi di antara MKKS kabupaten dan kota yang ada, sehingga dibentuk Forum MKKS ini, di usianya yang ke-6, MKKS SMP Provinsi Lampung sudah memiliki AD/ART,” katanya.

Pada acara yang juga dihadiri Penasehat MKKS SMP Provinsi Lampung, Rahmadi, Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Sunaji, dan Ketua MKKS Kabupaten Pringsewu Rahmanto, Muswil ke-3 yang memiliki agenda yang terbagi ke dalam tiga pleno, yakni pleno pertama, berupa Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pengurus lama, pleno kedua, merancang program kerja ke depan, dan pleno ketiga, demisioner pengurus lama dilanjutkan dengan pemilihan pengurus baru. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini