PT KAI Divre IV: Kecelakaan KA dan Truk Akibat Pengemudi Ceroboh

0
493

Bandarlampung, Wartaalam.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang menyebutkan bahwa kecelakaan kereta api (KA) dengan truk di Kabupaten Lampung Utara, Lampung akibat dari kecerobohan sopir truk.

“Kami menyesalkan kecerobohan pengemudi mobil truk yang tidak mendahulukan perjalanan KA, sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas antara mobil truk bermuatan tebu dengan KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang-Baturaja,” kata Pelaksana Harian Manager Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang M Reza Fahlepi, dalam keterangan yang diterima, di Bandarlampung, Selasa (18/7/2023) malam.

Dia mengatakan, kecelakaan truk dengan KA itu terjadi hari ini sekitar pukul 15.10 WIB, tepatnya di Desa Blambangan Pagar, Kecamatan Blambangan, Lampung Utara, saat KA Kuala Stabas melintas di jalurnya sesuai dengan aturan dari Stasiun Blambangan Pagar pukul 15.04 WIB.

“Kecelakaan terjadi di perlintasan liar tanpa palang pintu di Km 81+0/1 petak jalan antara Blambangan Pagar-Kalibalangan. Sebelum terjadinya insiden, masinis telah membunyikan semboyan 35 (klakson) dengan keras,” kata dia.

Namun, kata dia, sebuah kendaraan R10 (truk) No Pol BE 9124 AQ bermuatan tebu dengan tonase sekitar 25 ton arah dari timur hendak ke barat melintas, dan berhenti di tengah jalur KA Km 81+0/1 Petak Jalan Blambangan Pagar-Kalibalangan, sehingga truk tersebut menemper (menabrak) bagian depan Lokomotif CC 2018342 dan terseret sekitar 100 meter arah ke Kotabumi, Lampung Utara.

“Akibat kejadian tersebut Lokomotif CC 2018342 milik KAI mengalami kerusakan dan perjalanan KA Kuala Stabas serta KA Ekspres Rajabasa menjadi terganggu. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” katanya .

Reza menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya perjalanan KA di wilayah KAI Divre IV Tanjungkarang.

“Saat ini petugas di lapangan sedang melakukan upaya-upaya untuk menormalisasi jalur dan perjalanan KA,” kata Reza. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini