Jumlah Penumpang di Pelabuhan Bakauheni pada H-6 Naik 173 Persen

0
387
Ratusan penumpang pejalan kaki memadati gateway di dermaga tiga Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. (ant)

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – General Manajer PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, mengatakan jumlah penumpang pejalan kaki yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023, dengan menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Bakauheni naik 173 persen pada H-6 dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama.

“Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2023, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, total jumlah penumpang pejalan kaki pada 15 April 2023 sampai dengan Minggu siang (16/4) tercatat 1.734 orang. Sementara itu, jumlah penumpang pejalan kaki pada periode yang sama Lebaran tahun lalu tercatat sekira 635 orang,” kata dia, Minggu (16/4/2024).

Selanjutnya, tidak hanya penumpang pejalan kaki yang mengalami kenaikan, namun penumpang di dalam kendaraan pun naik tujuh persen.

“Jumlah penumpang di dalam kendaraan yang menggunakan jasa penyeberangan ASDP cabang Bakauheni pada tahun 2023 sekira 36.874 orang sedangkan pada 2022 sekira 34.440 orang,” katanya.

Ia mengatakan, kenaikan jumlah penumpang juga terjadi pada kendaraan roda dua.

“Menurut data 24 jam, jumlah kendaraan roda dua pada hari ini sekira 411 unit, sedangkan pada 2023 hanya 263 unit,” katanya.

Ia mengatakan jumlah trip kapal yang beroperasi dalam Angkutan mudik Lebaran 2023 mengalami kenaikan sekira 32 persen.

“Di tahun 2022 sekira 77 trip, sedangkan tahun 2023 sekira 102 trip kapal yang beroperasi,” ujarnya.

Sebelumnya berdasarkan pemantauan Minggu (16/4/2023) pagi, terdapat ribuan penumpang pejalan kaki memadati dermaga reguler Pelabuhan Bakauheni.

Ribuan pemudik pejalan kaki tersebut tersebut di dermaga Pelabuhan Bakauheni menunggu antrean untuk masuk naik ke atas kapal.

Meski terjadi antrean penumpang di jembatan gateway pelabuhan, namun tidak menimbulkan antrean yang cukup lama dan terlihat berjalan lancar dan aman.

Rudi Sunarko mengatakan, jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, menuju Pelabuhan Merak, Banten mulai mengalami peningkatan pada mudik Lebaran 2023.

“Menurut data jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak Banten meningkat dari hari kemarin,” kata dia.

Pihaknya mengimbau pengguna jasa penyeberangan membeli tiket ferizy dari jauh hari.

“Kami mengimbau calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari,” katanya. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini