Apresiasi Kepercayaan Publik pada Polri, DPR RI Beri Contoh Ungkap Kasus Rumit Polda Metro Jaya

0
472

JAKARTA, WARTAALAM.COM – Tren kepercayaan publik terhadap lembaga Polri kembali naik. Selain karena kekompakan para pimpinan dan anggota, juga dengan berbagai prestasi mengungkap kasus-kasus rumit dengan baik. DPR RI menyontoh ungkap kasus di Polda Metro Jaya.

Hal itu terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR RI dengan Kapolri dan jajarannya di Gedung DPR RI, Rabu (12/4/ 2023).

“Ya sangat bagus survei Polri melonjak tajam sejak Januari, Februari, Maret 2013. Kami mengapresiasi dan turut berbangga dengan kijerja Polri,” ucap anggota Komisi III DPR Ri Habiburokhman, di hadapan Rapat Dengar Pendapat dengan Kapolri, Rabu (12/4/2023).

Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra itu menilai sejauh ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran telah bekerja keras memperbaiki citra Polri.

“Peningkatan kepercayaan masyarakat ini, saya melihat Pak ada dua hal prinsip yang menjadi penyebab, sehingga kinerja Polri menjadi bagus. Kami melihat banyak kasus-kasus yang rumit bisa diungkap,” katanya.

Polda Metro Jaya misalnya, kanjut Habibutokman, ada kasus kasus mayat dimutilasi beberapa tahun lalu diungkap, kasus tembakau sintetis di bekasi,

“Itu kasus-kasus rumit tapi dengan kemampuan luar biasa bisa diungkap. Kami kira para anggota berprestasi itu layak mendapkan reward,” katanya.

Yang kedua, ujarnya, dari segi kekompakan.

“Kami mengamati benar proses promosi jabatan yang lepas dari persoalan kedekatan-kedekatan. Kami lihat banyak ditempatkan perwira yang memang berprestasi tanpa memperdulikan orang ini dekat dengan siapa atau orang yang siapa. Yang begini perlu ditingkatkan terus Pak Kapolri,” katanya.

Selain kasus-kasus itu, Habiburokhman juga memuji kemampuan Polda Metro Jaya membongkat kasus serial killer Wowon.

“Berbagai kasus rumit seperti kasus serial killer Wowon, kasus mutilasi di Bekasi dan kasus mayat dicor semen terungkap dan pelakunya ditangkap,” ujarnya.

Hal yang sama diungkap Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.

Dia mengapresiasi upaya yang dilakukan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dalam membenahi institusi dan citra Polri.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) April 2023, tingkat kepuasan publik terhadap Polri meningkat menjadi 63 persen atau naik 10 persen dibandingkan hasil survei pada Januari 2023 sekira 53 persen.

“Tandanya Pak Kapolri Listyo Sigit memang serius berupaya memperbaiki lembaga Bhayangkara,” kata Sahroni yang dikutip Parlementaria, Selasa, 11 April 2023.

Politisi Fraksi Partai NasDem itu mengacungi jempol atas kinerja Kapolri. Alasannya, tidak mudah mengembalikan kepercayaan publik setelah Polri didera berbagai permasalahan.

“Saya rasa kita semua cukup mengikuti sepak terjang Polri belakangan ini. Berangkat dari keterpurukan yang sangat dalam hingga bisa seperti sekarang. Ini luar biasa, setelah melewati sederet masalah yang ada,” katanya.

Sahroni menilai capaian itu tak lepas dari kerja keras Kapolri. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu dinilai berhasil membuat seluruh jajaran meningkatkan kinerja.

“Perubahan perilaku ini yang lantas dilihat dan dirasakan dampak baiknya oleh masyarakat,” katanya.

Sahroni berharap Polri terus meningkatkan kinerja. Jika ada aparat yang melanggar aturan, segera ditindak.

“Sudah tidak ada lagi ruang bagi para pelanggar, ketahuan (melanggar) bisa langsung dikenakan sanksi pemecatan,” katanya. (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini