Cegah Stunting melalui Program Ketahanan Pangan di Gampong Rantau Panyang Timur

0
607

ACEH BARAT, WARTAALAM.COM – Guna mencegah stunting, warga Gampong Rantau Panyang Timur, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat membuka lahan ketahanan pangan.

Selain itu pembukaan lahan tersebut juga dinilai menambah pendapatan warga di gampong tersebut, kata Keuchik Gampong (kepala kampung) Rantau Panyang Timur, Agustiar, Selasa (14/3/2023).

Menurut dia, pemberdayaan ketahanan pangan merupakan sebagaimana arahan presiden RI guna mencegah stunting, selain itu juga bisa menambah nilai ekonomi warga.

Pemberdayaan ketahanan pangan di Gampong Rantau Panyang Timur akan terus digalakkan dengan perluasan lahan kembali agar ekonomi warga semakin lancar dan stabil.

Menurut Agustiar, dengan menggunakan dana desa (DD) Gampong Rantau Panyang Timur membudidayakan tanaman untuk ketahanan pangan dalam pencegahan stunting.

Dia mengatakan, luas lahan yang dibuka untuk program ketahanan pangan di desanya sekira dua hektare yang sebelumnya merupakan lahan tidur.

“Ada sekira dua hektarr kiami membuka lahan untuk program ketahanan pangan di Gampong Rantau Panyang Timur ini melalui anggaran desa tahun 2023 dan lahan ditanami berbagai jenis tanaman seperti kacang tanah, jagung, labu air dan berbagai jenis tanaman lainnya yang siap panen dan juga membuka kolam budidaya ikan yang kaya gizi dan bernilai ekonomi tinggi, serta kecukupan protein hewani menjadi prasyarat desa bebas stunting, katanya.

Ia mengatakan, program ketahanan pangan menjadi prioritas dengan pola sistim kelompok dan bagi hasil dan diharapkan melalui program ketahanan pangan itu dapat memberi dampak positif bagi warga dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Hal itu sesuai peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2023 serta Keputusan Menteri Desa Nomor 82 tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan di Desa, tuturnya (nudar).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini