Kemendikbudristek Buka Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023

0
475
Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2023 di Jakarta, Rabu (15/2/2023). (Kemendikbudristek)

JAKARTA, WARTAALAM.COM – Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2023.

KIP Kuliah sendiri merupakan bantuan dana dari pemerintah bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat yang berprestasi namun terkendala biaya untuk bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi.

“KIP Kuliah, upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi,” demikian dikutip dari laman resmi KIP Kuliah Kemendikbud di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

KIP Kuliah itu juga sebagai bukti pemerintah terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan serta mengembangkan kualitas pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Untuk registrasi akun atau pendaftaran KIP Kuliah Merdeka berlangsung mulai 14 Februari-31 Oktober 2023 dengan penetapan penerima mulai 1 Juli-31 Oktober 2023.

Bantuan KIP Kuliah Merdeka ini bisa diperoleh para siswa melalui seluruh jalur seleksi masuk perguruan tinggi yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK)- Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Terdapat beberapa syarat untuk mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2023 yaitu penerima KIP Kuliah, siswa SMA sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal dua tahun sebelumnya.

Siswa tersebut harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan alamat email yang valid serta sesuai dengan data yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek.

Kemudian calon penerima harus memiliki potensi akademik baik namun memiliki keterbatasan ekonomi yaitu harus didukung bukti dokumen yang sah.

Syarat lainnya adalah siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Selanjutnya, lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) atau swasta (PTS) pada prodi dengan akreditasi A atau B dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi berakreditasi C.

Sementara untuk tahapan pendaftaran KIP Kuliah, siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

Setelah itu, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif saat melakukan pendaftaran yang kemudian akan divalidasi diuji kelayakan oleh Sistem KIP Kuliah.

Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan.

Berikutnya, siswa harus menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dengan memilih jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang akan diikuti.

Lalu siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih dan proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan melalui skema host-to-host.

Nantinya bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Berikut jadwal penting KIP Kuliah Merdeka 2023 mulai dari proses masuk perguruan tinggi melalui jalur SNBP dan UTBK-SNBT hingga proses seleksi KIP Kuliah:

Proses seleksi masuk perguruan tinggi jalur SNBP
1. Registrasi akun SNPMB siswa pada 9 Januari-15 Februari 2023
2. Pendaftaran SNBP: 14-28 Februari 2023
3. Pengumuman hasil SNBP: 28 Maret 2023

Proses seleksi masuk perguruan tinggi jalur UTBK-SNBT:
1. Registrasi akun SNPMB siswa: 16 Februari-3 Maret 2023
2. Pendaftaran UTBK-SNBT: 23 Maret-14 April 2023
3. Pelaksanaan UTBK gelombang I: 8-14 Mei 2023
4. Pelaksanaan UTBK gelombang II: 28 Mei 2023
5. Pengumuman Hasil SNBT: 20 Juni 2023
6. Masa unduh sertifikat UTBK: 26 Juni-31 Juli 2023

Proses seleksi KIP Kuliah
1. Registrasi akun atau pendaftaran: 14 Februari-31 Oktober 2023
2. Penetapan penerima baru: 1 Juli-31 Oktober 2023. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini