Bupati Lamsel Hadiri Penilaian Lomba Desa di Kecamatan Penengahan

0
248

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto menghadiri Penilaian Lomba Desa tingkat kabupaten tahun 2023 di Kecamatan Penengahan, Rabu (16/2/2023), di Lapangan Desa Kelaten.

Hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Eka Riantinawati, Para Kepala OPD, camat beserta Forkpimcam Penengahan, kepala desa se-kecamatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Ny. Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP Ny. Yani Thamrin.

Toto. kepala Desa Kelaten menyambut baik dan berterima kasih kepada bupati yang telah hadir dalam kegiatan itu.

Menurut dia, mayoritas penduduk des itu berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta dan sebagai petani jagung dengan 23 kelompok.

“Warga di desa kami mayoritas petani jagung pak dan sudah ada 23 kelompok,” katanya.

Dia juga mengatakan desa tersebut juga turut menjaga kelestarian budaya dan kesenian Indonesia dengan memiliki 3 kelompok kuda lumping dan 1 grup campursari.

“Pada 2023, kamj berencana membangun alun-alun desa sentra UMKM, tempat bermain anak dan sarana olahraga warga,” katanya.

“In syaa Allah tahun 2023 kami berencana menjadikan lapangan ini sebagai alun- alun serta UMKM dan sarana untuk berolahraga,” ujarnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Winarni Nanang Ermanto mengatakan, lomba fesa dijadikan bahan evaluasi dan motivasi menuju desa yang lebih baik dan maju.

Menurut dia, Kelaten sebagai desa yang dipilih harus terpacu semangatnya untuk terus berbenah dengan semangat kebersamaan dan gotong-royong.

“Kalau sudah dipilih mewakili kecamatan, Desa Kelaten harus terpacu semangatnya berbenah agar lebih baik ya pak, tingkatkan kebersamaan dan gotong-royong,” ujarnya.

Dia menghimbau membuat dasawisma dan bergerak dengan ketua PKK Desa dan semua kader mensosialisasikan program- program di tingkat desa.

Dirinya meminta desa mendata anak- anak usia sekolah yang putus sekolah agar mereka memiliki ijazah dan kemampuan untuk masa depan.

“Pak kades tolong didata anak- anak yang putus sekolah biar mereka bisa melanjutkan sekolah dan nanti punya kemampuan juga ijazah untuk masa depannya,” kata dia.

Semantara, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, pemerintahan desa menggali potensi yang ada untuk dikembangkan dan dimajukan.

“Seluruh potensi yang ada di desa ini pak, harus digali dan dikembangkan, agar ekonomi masyarakat bisa tumbuh dan meningkat,” katanya.

Menurutnya, lomba desa bukan hanya seremonial, tetapi menatap masa depan dan memperbaiki masalah yang ada waktu lalu.

“Lomba desa bukan ajang seremoni tetapi bagaimana kita bisa menatap masa depan dengan memperbaiki masalah yang lalu,” katanya

Menurut dia membangun pondamen dasar untuk generasi penerus, dengan program Swasembada Sekolah tidak ada lagi anak putus sekolah.

“Pendidikan ini menjadi pondamen dasar generasi penerus agar bisa membantu pembangunan, maka itu dengan adanya Program Swasembada Sekolah tidak ada lagi anak yang putus sekolah,” ujarnya.

Di akhir kegiatan ketua TP PKK Kabupaten meninjau pelayanan di Desa Kelaten, di antaranya pelayanan kesehatan, kelas ibu hamil dan Balita PIK Remaja, BKB, dan Posyandu. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini