Lampung Gelar Wisata Hutan 2023

0
331
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah saat memberi keterangan. Bandarlampung, Senin (13/2/2022). (ant)

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera menggelar wisata hutan 2023 guna memanfaatkan secara maksimal ragam potensi serta menjaga kelestarian hutan yang ada di daerahnya.

“Wisata hutan pada tahun ini akan diselenggarakan sekira Mei atau Juni mendatang,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah, di Bandarlampung, Senin (13/2/2023).

Ia mengatakan pelaksanaan wisata hutan tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan pasar durian, yang dikelola oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di seluruh Lampung.

“Jadi ini dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan pasar durian yang berasal dari perhutanan sosial milik KPH di seluruh Lampung,” katanya.

Dia mengatakan, wisata hutan yang dilakukan bersamaan dengan pasar durian tersebut akan digelar satu pekan, di Desa Sumberagung, Kecamatan Kemiling Bandarlampung.

“Untuk seremonialnya dilaksanakan satu pekan. Namun pasar durian akan dilakukan secara berkelanjutan untuk memanfaatkan ragam hasil hutan sembari mengedukasi menjaga kelestarian hutan,” ujarnya.

Menurut dia, dalam pemasaran hasil hutan bukan kayu berupa durian unggul milik KPH akan melibatkan seluruh KPH, dan nantinya dilakukan di masing-masing daerah rutin setiap bulan.

“Wisata hutan yang bergandengan dengan pasar durian tidak hanya dilakukan satu kali saja. Tapi nanti akan dilakukan di daerah masing-masing sebab musim durian tiap KPH berbeda-beda, mudah-mudahan ini bisa berlangsung lama,” ujar dia.

Menurutnya, kegiatan itu selain mengedukasi tentang pelestarian hutan dan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu, juga sebagai sarana memberi kesejahteraan kepada masyarakat pinggir hutan.

“Untuk KPH semua memiliki potensi pengembangan durian, kecuali KPH Sungai Buaya Mesuji, dan Muara Dua. Menjadi kesempatan untuk memberi kesejahteraan kepada petani hutan dengan mengangkat potensi durian hutan unggul di tiap KPH melalui gelaran wisata hutan,” kata dia. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini