Gempa M 4,7 Getarkan Lampung, Dirasakan di Pesisir Barat, Tanggamus, dan Lampung Barat

0
236
Gambar ilustrasi wilayah Lampung. (Foto: Tangkapan layar via Google Earth)

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 4,7 mengguncang wilayah Lampung, Kamis (2/2/2023). Gempa dirasakan di Pesisir Barat, Tanggamus, dan Lampung Barat.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto menyebutkan gempa tersebut terjadi pada pukul 19.19 WIB. Hasil analisa BMKG menunjukkan gempabumi itu berkekuatan M 4,7.

Episenter terletak pada koordinat 5.71 LS dan 103.94 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 km Tenggara Pesisir Barat, Lampung, pada kedalaman 34 km, kata Hartanto dalam keterangannya dari Kepala Stasiun Geofisika Lampung Utara, Sugeng Prayitno, Kamis (2/2/2023).

Hartanto mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Menurutnya, dampak gempa yang digambarkan peta tingkat guncangan atau Shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pesisir Barat dan Tanggamus dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kemudian, di Liwa, Lampung Barat dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut, kata Hartanto.

Hingga pukul 19.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan, ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini