Bupati Lamsel Dukung Program Patok Batas BPN

0
498

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto menerima audiensi kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), di ruang kerja bupati setempat, Jumat ( 27/1/2023).

Kepala Kantor BPN, Hotman Saragih menyampaikan, audiensi itu dalam rangka berkoordinasi dengan bupati dan jajaran terkait akan diselenggarakannya Gerakan Masyarakat Pemasangan Patok Batas (Gemapatas).

Gerakan pemasangan patok merupakan program nasional yang digagas Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Kegiatan ini akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, Jumat, 3 Februari 2023 mendatang, katanya.

Menurut dia, pemasangan patok akan dilaksanakan di Desa Bumi Restu, Kecamatan Palas.

“Pemasangan patok serentak di seluruh Indonesia akan mencetak rekor muri. Untuk kegiatannya akan dipusatkan di Cilacap, Jawa Tengah. Mohon pak bupati dapat hadir dan membuka acara secara simbolis untuk di Lampung Selatan,” ujarnya.

Sementara itu, Nanang Ermanto mengatakan, pemasangan patok sangat penting sebagai tanda batas hak atas tanah yang dimiliki warga.

“Patok inilah yang menunjukkan batas tanah seseorang,” ujarnya.

Menurut Nanang, patok pembatas juga merupakan sebagai jaminan kepastian hukum atas batas-batas tanah yang dimiliki seseorang dengan pihak lain di sekitarnya.

Dia mengingatkan, jangan sampai karena salah ukur sebab ketidaktahuan mengakibatkan masalah hukum dan berperkara bagi masyarakat di kemudian hari.

Selain itu, pendampingan masyarakat saat petugas BPN melakukan pengukuran tanah sangat penting guna menghindarkan terjadinya kesalahan ukur lahan, menghidari konflik, katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini