Tim BNNK Lamsel Geruduk Lapas Kalianda: Beri Penyuluhan, Geledah Blok Hunian dan Tes Urin Acak

0
397

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Lampung Selatan memberilan penyuluhan Pencegahan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada petugas dan Warga Binaan Lapas Kalianda di Lapangan Upacara Lapas Kalianda, Rabu (25/1/ 2023).

Pada kegiatan penguatan, Kepala BNNK Lampung Selatan, AKBP Ikhlas mengatakan, Narkoba merupakan musuh semua yang bisa berdampak sampai kejiwaan.

“Narkoba adalah musuh kita semua, dampak narkoba sangat besar dan bisa berdampak sampai kejiwaan,” ujar Ikhlas.

“Terkhusus Warga Binaan, dengan sifat adiktif Narkobanya berbahaya, daripada berurusan dengan itu, harus bisa diarahkan melalui kegiatan positif lainnya,” tuturnya.

Kepala Lapas Kalianda, Tetra Destorie menuturkan kegiatan penguatan yang dilakukan merupakan bentuk sinergi PASTI antara BNNK bersama Lapas Kalianda dalam mencegah dan memberantas peredaran narkoba di dalam Lapas.

“Pelaksanaan kegiatan ini diinisiasikan untuk para petugas, supaya kami tahu tentang bahaya Narkoba kepada kita semua, baik petugas maupum warga binaan,” tuturnya.

“Saya yakin dengan niat baik untuk menjauhkan narkoba dari Lapas Kalianda dan masyarakat Indonesia, mudah-mudahan kita semua dihindarkan,” katanya.

Dia mengatakan, apabila ada petugas dari Lapas Kalianda yang terindikasi menggunakan Narkoba, maka dirinya menyerahkan kepada AKBP Ikhlas sepenuhnya untuk diproses.

“Kalau ada yang terindikasi aneh-aneh nanti dalam pelaksanaan Tes Urin Napza, silakan saja Pak Ikhlas menindak petugas kami,” katanya.

Di akhir kegiatan Penguatan, BNNK melaksanakan razia seluruh blok hunian dan tes urine Napza kepada petugas Lapas Kalianda dan warga binaan yang dipilih secara acak petugas dari BNNK.

Dalam penggeledahan, Tim Gabungan yang terdiri dari petugas Lapas, anggota BNNK Lampung Selatan, bersama awak media, tak menemui satupun narkoba maupun alat pendukungnya, serta tak ditemukan alat komunikasi ilegal.

Sedangkan, melalui hasil tes urine Napza yang dilakukan kepada 40 WBP dan 10 orang petugas Lapas oleh Tim BNNK, tak ditemukan satu pun petugas Lapas Kalianda dan warga binaan yang terindikasi positif Napza. (amar/rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini