Korban Keracunan Makanan di Lampung Tengah Membaik

0
351
Kondisi seorang korban keracunan di Punggur, Kabupaten Lampung Tengah yang dirawat di RSUD Jenderal A Yani Metro sudah mulai membaik. (ant)

METRO, WARTAALAM.COM – Empat pasien yang diduga keracunan makanan usai mengonsumsi pisang goreng di Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung yang dirawat di RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro, kondisinya sudah mulai membaik.

Mereka S (49), warga Lampung Tengah, AS (66), warga Metro Utara, J (42), warga Punggur, dan AJ (36), warga Metro Utara.

“Tadi sudah saya cek, kondisinya sudah bagus. Keempat korban juga sudah dipindahkan dari IGD ke ruang rawat inap. Tiga ke ruangan penyakit dalam B, dan satunya di penyakit dalam C,” ujar Kasubag Humas RSUD Jenderal A Yani Metro, Oktarina Handayani saat dikonfirmasi, Kamis (19/1/2023)..

Dia mengatakan, meskipun kondisinya sudah membaik dan bisa diajak berkomunikasi, beberapa pasien masih mengeluh sakit pada bagian perutnya.

“Saat ini satu pasien sudah bisa memakan makanan lunak, sementara tiga lainnya masih mengonsumsi susu. Besok ada yang sudah mau pulang juga,” katanya.

Sementara itu, penyebab utama keracunan tersebut, merupakan kewenangan Dinas Kesehatan dan Tim Inafis Polres Lampung Tengah.

“Tim dari Dinkes dan Inafis Polres Lampung Tengah juga sudah mengambil sampel. Kami juga siapkan sampel dari pasien jika mereka membutuhkan. Kewenangan kami hanya merawat pasien saja,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah dr Otniel mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari Balai POM Provinsi Lampung terkait penyebab utama keracunan dialami warga Kecamatan Punggur.

Pihaknya mengaku sudah mengirimkan sampel sisa makanan, bahan tepung, minyak, dan bekas alat yang digunakan ke Balai POM Lampung untuk pemeriksaan.

“Belum diketahui, kami masih menunggu hasil dari Balai POM. Kemarin kami sudah ambil dan kirimkan sampel sisa makanan dan lainnya ke sana dan masih dalam pemeriksaan,” kata Otniel saat dihubungi melalui pesan singkat.

Sekira tujuh warga Lampung Tengah dan Kota Metro diduga mengalami keracunan usai mengonsumsi pisang goreng, Selasa (17/1).

Tiga dari tujuh korban tersebut, D (80) dan T (80), warga Punggur, Lampung Tengah, dan N (37), warga Kota Metro meninggal akibat keracunan tersebut.

Sedangkan empat korban lainnya, S (49) warga Lampung Tengah, AS (66) warga Metro Utara, J (42) warga Punggur, dan AJ (36) warga Metro Utara harus dilarikan ke RSUD Jenderal A Yani Metro untuk mendapatkan perawatan. (fir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini