Inggris Benamkan Wales 3-0

0
184

JAKARTA, WARTAALAM.COM – Inggris melangkah ke 16 besar Piala Dunia untuk menghadapi Senegal ketika dua gol Marcus Rashford dan sebuah gol Phil Foden membawa mereka menang 3-0 atas Wales yang menduduki urutan buncit Grup B dengan satu poin.

Tim asuhan Gareth Southgate menyegel tempat pertama Grup B berkat kontribusi Rashford dan Foden setelah dipasang kembali menjadi starter Inggris.

Foden membuktikan dia memang harus dipasang lebih awak ketika memenangkan tendangan bebas yang dikonversi Rashford untuk memecah kebuntuan pada awal babak kedua laha di Stadion Ahmad bin Ali di Doha itu.

Foden menggandakan keunggulan Inggris beberapa detik kemudian yang otomatis mengakhiri ‘Battel of Britain’ dan Rashford menyerang lagi untuk memastikan Piala Dunia pertama Wales sejak 1958 berakhir dengan kekecewaan.

Inggris menang untuk kedua kalinya dalam sembilan pertandingan terakhir mereka.

Babak pertama menunjukkan Three Lions masih memiliki ruang untuk perbaikan di tengah upaya memburu trofi besar pertama sejak Piala Dunia 1966.

Tapi mereka menghancurkan Wales setelah jeda yang menaikkan optimisme menjelang pertarungan melawan runner-up Grup A Senegal akhir pekan ini.

Rashford yang merupakan satu dari empat perubahan dalam skuad Inggris, mendapatkan peluang emas untuk membawa Inggris unggul cepat ketika dia memanfaatkan umpan Harry Kane.

Tetapi dia terlalu lama menembak sehingga kiper Danny Ward menyelamatkan gawangnya.

Wales nyaris tak bisa keluar dari daerah pertahanannya karena Inggris memonopoli penguasaan bola.

Saat Inggris meningkatkan tempo dan kian menekan, mereka langsung menerobos pertahanan Wales, namun tembakan Foden melebar.

Kapten Wales Gareth Bale kembali tak memiliki dampak sehingga kemudian diganti pada babak pertama karena cedera.

Namun dalam waktu enam menit setelah restart, absennya Bale malah mempercepat kekalahan Wales.

Foden menjadi katalisator untuk gol pembuka Inggris saat merangsek ke depan untuk memenangkan tendangan bebas pada menit ke-50 yang dieksekusi dengan baik oleh Rashford ke sudut jauh gawang Ward dari jarak 25 yard.

Inggris makin kesetanan dan kembali mencetak gol 60 detik kemudian ketika Rashford mencuri bola dari Wales untuk diumpankan kepada Kane yang diteruskan kepada Foden untuk diubah menjadi gol.

Kieffer Moore mencoba menyelamatkan Wales tetapi Jordan Pickford dengan baik mementahkan peluang Wales ini. Beberapa saat kemudian malah Rashford membuat gol ketiganya dalam turnamen ini pada menit ke-68.

Umpan panjang Kalvin Phillips mengirim Rashford berlari ke sayap kanan untuk kemudian menusuk ke dalam kotak penalti Wales sebelum melepaskan tembakan rendah yang melalui kaki Ward, demikian AFP. (dbs)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini