TP PKK Lamsel Kaji Tiru ke Semarang

0
268

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan ( Lamsel) lakukan Kaji Tiru ke Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung di kantor Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang itu diikuti juga pengurus TP PKK Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua TP PKK Kecamatan Semarang Tengah, Elyana Aniceto mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Kabupaten Lampung Selatan yang telah menjadikan Semarang Tengah sebagai tempat untuk study tiru.



Dia menyampaikan di Kecamatan Semarang Tengah terdapat 17 kelurahan, di antaranya Kelurahan Pindrikan Lor juara 1 lomba UP2K tingkat nasional.

Menurut dia, strategi yang dilakukan kecamatan tersebut terdapat peminjaman modal usaha kepada para pelaku usaha tanpa jaminan dan biaya administrasi.

“Strategi kami meminjamkan modal usaha tanpa jaminan dan administrasi kepada para pelaku usaha yang ada di kecamatan kami,” ujarnya.

“Di Kelurahan Pindrikan Lor tahun 2017, kami ada modal Rp 190 juta dan berkembang sampai 2022 sudah ada Rp 490 juta dan untuk di Kecamatan Semarang Tengah sampai saat ini sudah ada modal Rp 1,1 miliar,” katanya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Camat Semarang Tengah Aniceto Magno Da Silva, lurah beserta ketua TP PKK Kelurahan Pindrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, ketua Pokja 2 TP PKK Kota Semarang beserta anggota.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Winarni menuturkan, dipilihnya TP PKK Semarang sebagai contoh kaji tiru dikarenakan melihat majunya pariwisata dan UMKM yang ada di Semarang yang sudah mendapatkan pengakuan tingkat nasional.

“Kami berkunjung ke sini karena melihat prestasi dari pariwisata dan UMKM yang sudah diakui nasional,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan TP PKK Kecamatan Semarang Tengah itu patut dijadikan contoh dan perlu diterapkan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Dengan kehadiran kami disini kami berharap bisa menerapkan strategi yang dilakukan di Semarang Tengah agar UMKM dan UP2K di Lamsel bisa berkembang,” katanya.

Selain itu, Winarni juga menyampaikan untuk membantu perkembangan daerah Lampung Selatan akan dijadikan tempat proyek pembangunan pariwisata nasional.

‘Kami perlu meningkatkan potensi pariwisata dan UMKM untuk mendukung hal itu,” ujarnya.
(amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini