Paluma – ASB Audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan

0
408

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Sekertaris Daerah Lampung Selatan Thamrin menerima audiensi Paluma Nusantara dan Arbeiter-Samariter-Bund (ASB), di Ruang Kerja Bupati, Jumat (18/11/2022).

Hadir juga Asisten Bidang Administrasi Umum Badruzzaman, Plt. Staf Ahli Bidang Keuangan Samsiah serta beberapa kepala perangkat daerah terkait.

Pada kesempatan itu, Crysant Lyli Kusmowardoyo, country director ASB Indonesia and The Philippines mengatakan, ASB merupakan lembaga yang berasal dari Jerman dan di Indonesia ASB memiliki kantor di Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah sejak ada gempa tahun 2006 melalui kemitraan dengan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Wanita yang akrab dengan sapaan Lyli tersebut mengatakan, keberadaan ASB di Lampung Selatan sejak tahun 2018 pada saat terjadi bencana tsunami. Hal itu dilakukan setelah adanya koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lampung Selatan (BPBD) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) bagaimana ASB dapat mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah daerah.

“Dalam hal ini mendukung kesiapan siagaan dan ketangguhan desa dalam menghadapi bencana. Jadi kami di
sini juga memberikan edukasi kepada masyarakat ketika ada bencana apasaja yang harus dilakukan,” tuturnya.

“Saya pernah datang ke Lampung Selatan untuk melakukan kajian bencana pasca tsunami 2018 bersama teman-teman organisasi penyandang disabilitas yang memang menjadi mitra kami,” ujarnya.

Dia mengatakan, ASB tidak hanya melihat dari sisi kesiapsiagaan dan ketangguhan dari desa itu namun ASB juga melihat dari sisi sosial ekonomi.

“Dan ini yang sedang dilakukan mitra lokal kami Paluma Nusantara untuk memastikan khususnya BUMDes bisa bekerja sebagai lembaga yang mendatangkan kondisi ekonomi yang lebih baik lagi untuk masyarakat desanya,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, Martin Kunstmann perwakilan ASB Jerman yang menjabat sebagai koordinator Program Asia melalui penerjemahannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang telah menyambut baik kedatangan mereka dan menjelaskan tentang ASB di Jerman.

“Di Jerman ASB merupakan organisasi kesejahteraan sosial di Jerman tapi di luar ada departemen luar negerinya dimana kami bekerja dalam 3 area utama, ketangguhan masyarakat, emergency respon, dan pembangunan sosial ekonomi,” ujarnya.

“Kami berterimakasih atas kolaborasi dan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia serta kami harapkan ada kerjasama yang lebih lanjut kedepannya,” katanya.

Merespon hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang diwakili Sekretaris Daerah Thamrin menyampaikan terimakasih atas kehadiran serta silahturahim yang dilakukan melalui audiesi tersebut.

“Pak Bupati menyampaikan apresiasi kepada teman-teman Paluma Nusantara dan ASB yang telah bekerjasama dengan baik dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terkait kejadian bencana yang telah kami lalui. Mudah-mudahan kerjasama ini terus berlanjut apalagi dengan ditambah program sosial ekonomi,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Lampung Selatan yang dalam kesempatan mengatakan, program sosial ekonomi merupakan yang paling dibutuhkan warga, baik yang terdampak bencana maupun yang tidak.

“Tentu kalau memang ada program-program yang kami bisa terima tentu kami mendukung dan berharap jika ada pelatihan berkenaan dengan sosial ekonomi dalam rangka meningkatkan UMKM kita untuk berinovasi baik dari pemasaran, packing dan sebagainya,” tuturnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini