Tol Trans Sumatera Tahap 1-2 Rampung Akhir 2024

0
411

JAKARTA, WARTAALAM.COM – Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menargetkan proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tahap 1 dan 2 selesai akhir 2024.

“Kami mengharapkan akhir 2024 nanti, kami menyelesaikan tahap 1 dan 2 di mana Tol Trans Sumatera akan menghubungkan dari Bakauheni sampai Jambi,” ujar Wamen BUMN II yang disapa Tiko dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI seperti dipantau, di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Tiko mengatakan, dari beberapa ruas tambahan itu nanti ada di utara Aceh sampai dengan Langsa dan juga beberapa ruas sayap seperti Bengkulu dan Padang.

Terkait dengan proses Penyertaan Modal Negara (PMN) tunai sekira Rp7,5 triliun untuk Hutama Karya, ia mengatakan sedang dalam proses dan saat ini diharapkan akan bisa mendapatkan Peraturan Pemerintah (PP) pada pekan kedua Desember 2022 dan diharapkan dapat dicairkan pada pekan keempat Desember.

Menurut dia, PMN kegunaannya pembangunan ruas-ruas Tol Trans Sumatera seperti Pekanbaru-Dumai Rp1,13 triliun, kemudian ruas Simpang Indralaya – Prabumulih yang cukup besar Rp2,3 triliun, Kisaran – Indrapura Rp1,1 triliun, lalu Taba Penanjung – Bengkulu Rp97 miliar, dan yang paling besar untuk ruas Sigli – Banda Aceh Rp2,8 triliun.

Semua ruas tol tersebut, kata Tiko, masih dalam proses pembangunan (on progres) dan sesuai jadwal (on track). (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini