Kunker ke-Lamsel, TP PKK Provinsi Lampung Ajak Semua Pihak Sinergi dan Kolaborasi Atasi Stunting

0
398

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Ketua Tim Penggerak PKK 7
Lampung Riana Sari Arinal diwakili Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Mamiyani Fahrizal kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Totoharjo Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (20/10/2022).

Totoharjo, Kecamatan Bakauheni menjadi desa sebagai model konvergensi penanganan dan pencegahan stunting sekaligus desa/kelurahan ramah perempuan dan peduli anak di Lampung Selatan.

Kunjungan kerja itu diselenggarakan dalam rangka pembinaan, monotoring dan evaluasi penanganan dan pencegahan stunting serta penyerahan bantuan secara simbolis dari TP PKK Provinsi Lampung dan sejumlah OPD Pemprov Lampung maupun babtuan dari Pemkab Lampung Selatan.

Turut dalam kegiatan itu, para asisten dan staf ahli bupati, para kepala perangkat daerah, para camat, jajaran Forkopimcam Bakauheni, Ketua DWP Kab.Lampung Selatan Yani Thamrin, jajaran TP PKK Kecamatan dan desa serta undangan terkait.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lampung Selatan Eka Riantinawati mengucapkan selamat datang dan menyambut rombongan TP PKK Provinsi Lampung.

Ia berharap, kunker tersebut berdampak positif terhadap konvergensi penanganan dan pencegahan stunting di bumi khagom mufakat. Mengingat Lampung Selatan merupakan ksbupaten sampel atau percontohan penanganan stunting yang dinilai baik di tingkat nasional.

Kehadiran pemerintah daerah, terutama pemerintah provinsi di tengah-tengah masyarakat,diharapakan memberikan asistensi, edukasi, dan advokasi kepada masyarakat, agar sadar pentingnya pemenuhan gizi bagi Balita dalam mencegah secara dini terjadinya stunting, katanya.

Dia mengatakan, berbagai langkah dilakukan Pemkab Lampung Selatan dalam menangani permasalahan stunting, dengan lebih menekankan kepada keterpaduan atau sinergisitas lintas sektor.

Eka Riantinawati juga menyampaikan terima kasih atas semua bantuan yang diberikan TP PKK Provinsi dan sejumlah OPD Pemprov Lampung pada kesempatan tersebut.

“Semua bantuan tersebut bermanfaat bagi masyarakat kami. Dan mudah-mudahan kunjungan kerja ibu di Kabupaten Lampung Selatan, khususnya di Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni semakin tambah menegaskan akan perhatian dan kepedulian ibu terhadap persoalan stunting di daerah kami,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Lampung Mamiyani Fahrizal mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Lampung Selatan yang sudah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan itu.

Ia menerangkan, sejalan dengan arahan pemerintah pusat dan agenda kerja Pemerintah Ptrovinsi Lampung, maka pada 2022 TP PKK Provinsi Lampung sebagai mitra pemerintah memprioritaskan 3 isu pertama, yaitu memberdayakan perempuan, pemenuhan hak anak dan pencegahan stunting.

“Isu pemberdayaan perempuan hakekatnya bukan menjadikan ibu-ibu sebagai pesaing bapak-bapaknya, tetapi ibu-ibu diharapkan bisa menjadi mitra dan pelengkap bagi bapak-bapaknya serta bisa menyiapkan anak-anak menjadi generasi berkualitas,” katanya.

Berbagai kegiatan juga turut dilaksanakan pada acara kunker tersebut, seperti kelas parenting dan pembinaan pokja PAUD, pelayanan Posyandu, posko kesehatan, pembinaan kader posyandu, pelayanan KB, pembinaan kader Bina keluarga balita (BKB), Bina Keluarga remaja (BKR) dan Bina Keluarga lansia (BKL),

Ada pula pembinaan KWT, pelatihan ekonomi kreatif bagi perempuan kepala rumah tangga, pembinaan forum anak daerah, konseling pengasuhan, updating data keluarga berbasis desa khususnya keluarga yang berpotensi stunting melalui program Smart Village.

Selain itu terdapat pula Stand UMKM, pameran hasil kerajinan Dekranasda, Dapur sehat atasi stunting (Dahsyat), pemeran hasil pertanian KWT dan lain sebagainya. (hen/ari/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini