Pemprov Lampung Bina UMKM Lokal

0
614
Ilustrasi- Produk batik Lampung yang tengah di pajang dalam pameran produk UMKM. Ant

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM lokal yang ada di daerah itu untuk meningkatkan kapasitas usaha.

“Secara rutin telah dilakukan pembinaan untuk UMKM lokal Lampung yang dilakukan pemerintah daerah,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Syamsurizal Ari, di Bandarlampung, Jumat (14/10/2022).

Ia mengatakan pembinaan yang dilakukan tersebut merupakan bentuk peningkatan kapasitas bagi pelaku UMKM lokal Lampung yang saat ini terus bertumbuh menopang perekonomian.

Pembinaan yang dilakukan yakni dari aspek pengembangan tata kelola, sertifikasi usaha, pembinaan SDM, hilirisasi produk, pemasaran, hingga memberi akses permodalan jadi UMKM bisa terus berkembang, katanya.

Menurut dia, untuk meningkatkan kapasitas usaha pelaku UMKM lokal saat ini pemerintah daerah fokus dalam membantu memasarkan dan membuka peluang pasar produk UMKM.

Saat ini masih berupaya meningkatkan penjualan produk UMKM melalui pelaksanaan beragam bazar, pameran produk. Dan memfasilitasi pertemuan antara pembeli dan UMKM untuk memperluas pasar, kata dia.

Menurut dia, untuk memperluas pemasaran juga telah dilakukan pelatihan penggunaan platform digital dan cara pengelolaan digital marketing.

Bentuk intervensi yang dilakukan tersebut bertujuan untuk menjaga UMKM di Lampung dapat terus produktif dan menjaga stabilitas ekonomi daerah, katanya.

Tanggapan atas adanya paya peningkatan kapasitas pemerintah daerah diungkapkan seorang pelaku UMKM asal Lampung Ani.

Saat ini melalui bazar, pameran dan pembelian produk oleh pemerintah daerah memang sangat bermanfaat bagi UMKM, terlebih lagi ada pembekalan untuk memasarkan secara digital, ujar Ani.

Menurut dia, pelatihan bagi pelaku UMKM tersebut telah menambah kemampuannya untuk mengembangkan produk menjadi lebih baik dengan kemasan yang menarik.

Sebelumnya diketahui pemerintah pusat juga terus berupaya memperkuat UMKM sebagai langkah menjaga stabilitas ekonomi sosial Indonesia di tengah gejolak ekonomi dan geopolitik global saat ini. (amar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini