23.3 C
Bandar Lampung
Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img
BerandaDaerahPemkot Metro Perkuat Kerja Sama di Sektor Pangan

Pemkot Metro Perkuat Kerja Sama di Sektor Pangan

 517 dilihat

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Provinsi Lampung, akan memperkuat kerja sama antardaerah dalam penyediaan pangan dan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kerja sama government to government (G to G) dan business to business (B to B) ini merupakan yang kali pertama dilakukan, ujar Koordinator Kerjasama Antar Daerah Pemkot Metro Pipi Puspita, di Metro, Lampung, Selasa (13/9/2022).

Ia mengatakan pihaknya kini tengah menjalin kerja sama pangan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kerja sama antarpemerintah terjamin keamanannya. Untuk saat ini, akan dilakukan di sektor pangan, di mana saat ini tengah dilakukan penjajakan penambahan volume, varietas, komoditas lain dan perluasan gerai, katanya.

Dia mengatakan sejak ditandatangani 10 Juni lalu sampai saat ini, Pemkot Metro sudah mengirim sebanyak lima truk produk UMKM, sembilan ton telur, 10 ton beras, dan 30 ekor sapi ke DKI Jakarta.

Telah ada empat pelaku usaha di Kota Metro yang terlibat dalam kerja sama ini, yaitu PT Kuasa Omega Jaya (KUJ) untuk produk telur, PT SUJ produk sapi, Gapoktan Sari Makmur beras, dan Koperasi Pertanian Metro Sejahtera (KPMS) dengan produk UMKM, katanya.

Menurut dia, produk-produk dari empat pelaku usaha akan dikirim ke Food Station, Perumda Pasar Jaya (PJ) dan Perumda Dharma Jaya (DJ). Kerja sama ditandatangani wali Kota Metro dan gubernur DKI Jakarta.

Kerja sama ini difasilitasi Bank Indonesia Perwakilan Lampung juga, nantinya akan ada peningkatan kerja sama dimana PT SUJ Metro telah diminta untuk menyediakan stok sapi untuk Perumda DJ pada Idul Adha pada tahun 2023 mendatang, ujarnya.

Kemudian, Koperasi Pertanian Metro Sejahtera diminta untuk menambah jenis varian produk UMKM Kota Metro yang dikirim ke Jakarta dan menyuplai produk UMKM ke gerai-gerai Jakmart.

Lalu untuk Gapoktan Sari Makmur sebelumnya membeli hasil panen, nanti bisa menjadi kerja sama on farm atau budi daya dan untuk telur pengirimannya nanti akan meningkat, ujar dia.

Menurutnya, dengan penguatan kerja sama antardaerah tersebut, maka banyak masyarakat Kota Metro mendapatkan manfaat. Yaitu produk UMKM kota setempat yang semakin berkembang.

“Tujuan utama kerja sama ini untuk menyejahterakan masyarakat. Tentu ke depan akan kami perkuat supaya semakin banyak masyarakat Metro yang mendapatkan manfaatnya,” katanya. (fir)

Berita Terkait

Rencana Pembangunan Karut Marut, Kepala Bappeda Lamtim Enggan Berkomentar

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Indikasi Karut marutnya dalam pelaksanaan...

Hari Kedua Roadshow di Lamsel, KPK Edukasi Satuan Pendidikan

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Pelaksanaan hari kedua Roadshow Bus...

Pekon Totokarto Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2023

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pekon (desa) Totokarto, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten...

Pemkab Lamtim Kangkangi Perbup

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Alokasi Dana Desa (ADD) Pemerintah Kabupaten...
spot_img
Semua Negara
623,194,853
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on October 2, 2022 12:55 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini