30.5 C
Bandar Lampung
Rabu, Desember 7, 2022
spot_img
BerandaDaerahLamsel Juara II Stand Inklusi Festival dan Jambore Literasi...

Lamsel Juara II Stand Inklusi Festival dan Jambore Literasi Provinsi Lampung

 49 dilihat

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) juara II Stand Inklusi Terbaik Festival dan Jambore Literasi Provinsi Lampung Tahun 2022, di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung, Rabu-Kamis 20-21 Juli 2022.

Tema Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dalam Meningkatkan Kualitas Generasi yang Inovatif dan Kreatif untuk Kesejahteraan Masyarakat Menuju Lampung Berjaya.

Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan Qorinilwan yang diserahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Lampung Ratna Dewi, Rabu, (20/7/2022).

Qorinilwan mengatakan, perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha, melindungi dan memperjuangkan budaya dan Hak Azasi Manusia (HAM).

Dengan adanya inklusi sosial, Perpustakaan dapat mengambil peran bukan hanya sebagai pusat informasi, lebih dari itu perpustakaan dapat bertransformasi menjadi tempat dalam pengembangan diri masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, katanya.

Geliat Festival dan Jambore Literasi Provinsi Lampung Tahun 2022 juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti peluncuran buku, seminar, pameran dan stand.

Pada pembukaan yang berlangsung Rabu 20 Juli 2022, Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal meluncurkan buku “Menulis Cerpen Bersama Bunda Literasi Provinsi Lampung” yang merupakan kumpulan cerpen 75 penulis Lampung.

Menurut Riana Sari Arinal peluncuran buku tersebut sebagai upaya dalam pengembangan Perpustakaan dan Literasi pada masyarakat.

Selain itu juga bagian dari program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam meningkatkan generasi yang inovatif dan kreatif untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ini menjadi pekerjaan rumah yang tidak ringan untuk kita bersama-sama bersinergi meningkatkan dan membudayakan literasi di tengah masyarakat, semoga dengan kegiatan hari ini dapat meningkatkan pengembangan Perpustakaan dan Literasi pada masyarakat Lampung,” ucapnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan bantuan kepada 19 Pepustakaan Desa di 13 kabupaten berupa oven gas, 15 komunitas baca di 15 kabupaten/kota berupa buku bacaan masing masing 50 eksemplar, dan pemberian penghargaan dari bunda Literasi Provinsi Lampung kepada peserta inklusi sosial.

Selain itu, dilaksanakan juga talkshow yang menghadirkan narasumber kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi, Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Rektor Umitra Lampung Armalia Reni Madrie, Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Muhammad Abdul Khak, dan penulis Erisca Febriani. (amar/kmf)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Porprov IX Lampung : Bandarlampung Raih Medali Terbanyak Taekwondo

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Penampilan atlet Bandarlampung di Pekan...

Dekranasda Lampung Selatan Kunjungan Kerja ke Jepara

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda...

Porprov IX Lampung 2022: Cabang Tenis Meja Mulai Gelar Perburuan Medali

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Cabang olahraga tenis meja memulai...

Porprov IX Lampung 2022 : Bandarlampung Mendominasi Perburuan Medali

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Hingga Selasa (6/12/2022) malam, kontingen...
spot_img
Semua Negara
650,940,981
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on December 7, 2022 3:46 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini