Jamaah Khilafatul Muslimin Ucapkan Ikrar Setia Terhadap Pancasila dan NKRI

0
161

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Ratusan pengikut Khilafatul Muslimin Kabupaten Lampung Selatan yang terdapat di enam kecamatan, Natar, Jatiagung, Tanjungbintang, Katibung Candipuro, dan Rajabasa melakukan Ikrar kesetiaan terhadap Pancasila dan NKRI.

Acara yang berlangsung di Dusun Karanganom, Desa Karangsari, Kecamatan Jatiagung, disaksikan Kapolres Lampung Selatan AKBP. Edwin, Kepala Kajari Kalianda Dwi Astuti Berniyati, Dandim 0421/LS Letkol inf Fajar Akhirudin, Kepala Kesbangpol Lampung Selatan Puji Sukamto.

Hadir juga Ketua MUI Lampung Selatan Kiyai H. Hamim Fadil, Kepala Kemenag Lampung Selatan Ashari, camat Jatiagung beserta Forkopimcam dan kepala Desa Karangsari berserta aparatur desa.

Kapolres Lampung Selatan Edwin menuturkan, kedatangan Forkopimda bersama unsur pemerintahan daerah ke Dusun Karanganom, dalam rangka menyaksikan dan mendengarkan pengucapan ikrar sikap setia kepada NKRI dan Pancasila dari jamaah Khilafatul Muslimin.

“Kami beserta rombongan dari aparatur pemerintahan daerah tentunya merasa bangga, senang dan bahagia karena bisa berkumpul dalam rangka silahturahmi sekaligus pengucapan ikrar setia kepada Pancasila dan NKRI bagi warga dan sudara-sudara kita yang sebelumnya tergabung dalam organisasi Khilafatul Muslimin. Kenapa ikrar perlu dilakukan, karena hal ini harus dan wajib,” katanya.

Edwin menjelaskan, negara Indonesia merupakan negara kesatuan yang berdasarkan pada ideologi pancasila dan bhineka tinggal ika. Di dalamnya telah termuat aturan dan hukum mengenai keagamaan.

“Negara kita adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Ideologi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan agama. Dalam Pancasila telah memuat semua aturan dan hukum baik dari agama Islam maupun keyakinan dan agama yang lainya,” katanya.

Menurut Edwin, kegiatan tersebut bertujuan merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa, sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945.

Mereka berikrar keluar dari Khilafatul Muslimin serta menyatakan setia kepada NKRI dan Pancasila, pengucapan ikrar juga merupakan bentuk implementasi pengikatan amanah sekaligus melekatkan jiwa berbangsa dan bernegara bagi NKRI, katanya.

Setelah pengucapan ikrar selesai, acara dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan setia Kepada Pancasila dan NKRI serta penyerahan atribut dan kartu anggota Khilafatul Muslimin. (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini