23.9 C
Bandar Lampung
Sabtu, Desember 10, 2022
spot_img
BerandaDaerahTim Penilai Lomba Desa Provinsi Sambangi Desa Srikaton

Tim Penilai Lomba Desa Provinsi Sambangi Desa Srikaton

 49 dilihat

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Tim Penilai Provinsi Lampung yang dipimpin Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Syaiful Dermawan didampingi Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta Ketua Tim Penggerak PKK Winarni mengunjungi Desa Srikaton, Kecamatan Tanjung Bintang.

Kedatangan Tim dalam rangka Penilaian Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 disambut Senam Lansia dan Tari Kesenian Gejlug Lesung yang menunjukkan nilai kearifan lokal desa setempat.

Syaiful Dermawan mengatakan, lomba desa dilakukan sebagai upaya mengevaluasi perkembangan desa dan kelurahan, yang dilihat melalui aspek pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan sesuai Permendagri Nomor 81 Tahun 2015.

Instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, alat ukur yang digunakan menilai dan menentukan status tertentu dari capaian hasil tingkat perkembangan desa dan kelurahan. Kegiatan dan lomba dimaksudkan melihat sekaligus mengevaluasi perkembangan desa dan kelurahan dari tiga aspek sesuai Permendagri, katanya.

Menurut dia, lomba desa dan kelurahan pada 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya, saat ini kondisi endemi Covid 19.

Dia mengatakan, meskipun pandemi saat ini sudah melandai, penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan lomba desa dan kelurahan harus tetap dilakukan sebaik mungkin.

Masa endemi menjadi tantangan tersendiri bagi desa untuk tetap melakukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan inovasi sesuai dengan potensi yang ada di desa. Hal ini sejalan dengan tema lomba desa dan kelurahan tahun 2022, Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh, katanya.

“Kami minta kepala desa beserta perangkatnya dapat memberikan data yang akan dijadikan bahan tim penilai menentukan potensi serta saran perbaikan yang harus dilaksanakan agar proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa semakin berhasil guna dan berdaya guna untuk Provinsi Lampung yang berjaya,” ujarnya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyampaikan ucapan terimakasih dan bangga atas usaha dan kerja keras berbagai pihak, dalam mempersiapkan penyambutan Tim Penilai Klarifikasi Lapangan.

“Lomba desa merupakan agenda rutin setiap tahun dan Alhamdulillah tahun ini Desa Srikaton berkesempatan mewakili Kabupaten Lampung Selatan maju di tingkat provinsi. Saya berharap kegiatan ini menambah motivasi dan pengalaman serta pembelajaran, juga menjadi bahan evaluasi,” ujarnya.

Sementara, Ketua Tim penilai lapangan Saprul Alhadi, kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas PMD Provinsi Lampung mengatakan, dalam lomba desa kali ini ada tiga tahapan penilaian yang dilakukan, penilaian berkas admistrasi, paparan kepala desa, dan penilaian lapangan.

Berdasarkan penilaian tim, Desa Srikaton masuk limsa besar dan memasuki tahapan ketiga penilaian di antaranya, sdministrasi, ekspose, dan klarifikasi lapangan.

Adapun yang harus di klarifikasi berdasarkan data, hasil paparan dan wawancara kepala desa yang dilakukan sebelumnya di Dinas PMD Provinsi Lampung pada 17 Juni 2022.

Saat ini tim penilai mengecek kebenaran hasil ekspose tersebut ke lapangan, apakah sesuai dengan yang diekspose/paparkan atau tidak, katanya. (dbs)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Tenis Meja, Tiga Daerah Lolos ke Final Tunggal Putra dan Putri

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Tiga daerah, Bandarlampung, Kota Metro,...

Porprov IX Lampung 2022: Sistem “Medali Plasma” Menjamur

LAMPUNG, WARTAALAM.COM - KENDATI pertarungan di kancah terbesar daerah...

TPHP Lamsel Canangkan Gertak Tanam Cabai Merah

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan...
spot_img
Semua Negara
652,460,238
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on December 9, 2022 6:43 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini