Monitoring Persiapan Lomba Desa, Bupati Lamsel Minta Keseriusan dan Tanggung jawab Tim Kabupaten

0
114

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan ( Lamsel) Nanang Ermanto didampingi Pelaksana tugas (Plt) asisten Ekobang, kadis PMD, inspekturkab, kadis Lingkungan Hidup dan camat monitoring persiapan lomba desa di Desa Srikaton, Kecamatan Tanjungbintang, Selasa (5/4/2022).

Kedatangan orang nomor satu di Lampung Selatan itu tak lain untuk melihat kesiapan Desa Sri Katon yang mewakili Kabupaten Lampung Selatan, dalam mengahadapi Lomba Desa tingkat Provinsi Lampung yang rencananya digelar Juni mendatang.

Pada kesempatan itu, Nanang mengecek absensi tim pembinaan dan pendamping dari kabupaten yang terdiri dari semua OPD di lingkungan pemkab setempat yang ditugaskan memberikan pembinaan dan pendampingan guna persiapan Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung.

“Sengaja kami datang untuk melihat langsung sejauh mana kesiapan Desa Srikaton dan keseriusan tim pembinaan dan pendamping, baik kabupaten maupun kecamatan dalam memberikan pembinaan,” ujar Nanang.

Menurut Nanang, pemerintah daerah memiliki tanggungjawab memberikan pembinaan, untuk itu dengan hadirnya tim dari kabupaten ini bisa memberikan edukasi yang berdampak positif bagi desa dan masyarakatnya.

Lomba desa ini jangan hanya jadi kegiatan seremonial saja, tapi bagaimana nantinya ketika acara ini sudah selesai apa yang sudah didapat bisa tetap dijaga dan dipertahankan kebersamaan dan kekompakannya dengan baik demi kemajuan desa, ujarnya.

Dia berharap semua tim yang telah dibentuk, baik dari tim kabupaten maupun kecamatan yang memiliki tugas memberikan pembinaan benar-benar serius.

“Semua harus memiliki tanggungjawab jika diberikan tugas, jangan sampai tugas itu tidak dilaksanakan, untuk kemajuan kita bersama baik dari desa, kecamatan dan kabupaten, jadi semuanya harus bersama-sama saling bersinergi, agar apa yang menjadi harapan dan tujuan kita bersama dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi bisa terwujud meraih juara I,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Srikaton Sugiman mengatakan, terkait pembinaan yang diberikan Tim Kabupaten bersama kecamatan terkait persiapan Lomba Desa yang sudah berjalan sekira tiga pekan mendapatakan hasil yang cukup baik.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan masing-masing OPD yang ditugaskan kooperatif dan semangat memberikan pembinaan, meskipun masih ada beberapa hal yang harus lebih di tekankan lagi terkait target dalam pembinaan agar bisa mencapai hasil maksimal, mengingat sisa waktu tinggal dua bulan lagi.

Capaian hasil pembinaan yang dilakukan Tim Kabupaten bersama kecamatan dan desa yang sudah berjalan enam kali pertemuan selama tiga pekan baru mencapai persiapan 30 persen dari masing-masing bidang yakni Bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan, yang menjadi penilaian di Lomba Desa, katanya. (ant).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini