29.6 C
Bandar Lampung
Kamis, September 29, 2022
spot_img
BerandaDaerahPemahaman Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika...

Pemahaman Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika Modal Membangun Bangsa Majemuk

 9 dilihat

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Pemahaman yang komprehensif terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, menjadi modal dalam membangun bangsa yang majemuk seperti Indonesia, kata anggota DPRD Provinsi Lampung FX Siman saat sosialisasi dan pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan di Pekon Wonosari, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Sabtu (11/12/21).

Sosialisasi ini dihadiri wabup Pringsewu, kapekon serta diikuti para tokoh dan warga setempat.

Dia mengatakan, untuk mewujudkan cita-cita reformasi dan pelaksanaan nilai-nilai kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara secara konsekuen, serta untuk mengakhiri berbagai persoalan dan tantangan maupun hambatan berbagai persoalan bangsa saat ini, baik dari luar maupun dari dalam bangsa sendiri, diperlukan kesadaran dan komitmen seluruh warga negara, guna memantapkan persatuan dan kesatuan nasional, dan menanamkan ideologi Pancasila serta wawasan kebangsaan.

Perlu sosialisasi yang lebih mendalam guna meningkatkan kesadaran diri masyarakat untuk memahami ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan, katanya.

Menurutnya, tantangan kebangsaan yang dihadapi bangsa ini, menurut TAP MPR No: VI tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa, bisa berasal dari internal dan eksternal.

Secara internal, yakni masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit, di samping pengabaian terhadap kepentingan daerah serta timbulnya fanatisme kedaerahan, kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas kebhinnekaan dan kemajemukan, keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagian pemimpin dan tokoh bangsa, serta tidak berjalannya penegakan hukum secara optimal, katanya.

Sedangkan secara eksternal, kata FX Siman yang berasal dari Dapil Metro, Pesawaran, dan Pringsewu adanya pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antarabangsa yang semakin tajam, serta semakin kuatnya intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional.

Semoga dengan sosialisasi ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan secara intens dapat meningkatkan pemahaman seluruh komponen masyarakat yang menjadi landasan dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengapresiasi diadakannya sosialisasi dan pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan.

Menurutnya, hal tersebut penting dalam rangka meningkatkan dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, terlebih di Indonesia terdiri bermacam-macam suku bangsa, agama, dan kepercayaan. (ade)

Berita Terkait

Keuangan Bermasalah Pemkab Lamtim Lempar Bola ke Kominfo

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Tidak dapat merealisasikan kewajibanya merupakan...

Rycko Menoza Terima Penghargaan Wajib Pajak Teladan

BANDARLAMPUNG, WARTAALAM.COM - Rycko Menoza menerima penghargaan sebagai wajib...

Pekon Sukamulya Bagikan BLT DD Tahap II Tahun 2022

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pemerintahahan Pekon Sukamulya, Kecamatan Banyumas, Kabupaten...

KPK RI Kampanyekan Anti Korupsi Sejak Dini di Lamsel

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI...
spot_img
Semua Negara
621,965,641
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 29, 2022 10:10 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini