24.2 C
Bandar Lampung
Selasa, Oktober 4, 2022
spot_img
BerandaEdukasiWakil Presiden Dorong Pelayanan Publik Tidak Berbelit-belit

Wakil Presiden Dorong Pelayanan Publik Tidak Berbelit-belit

 9 dilihat

JAKARTA – WARTAALAM.COM – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mendorong kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L) serta pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan publik yang cepat dan murah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Hal itu dikatakan Wapres Ma’ruf Amin saat meninjau Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Kamis (21/10), seperti dalam keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wapres (BPMI Setwapres) yang diterima Jumat (22/10/2021).

“Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, sebagai bagian dari reformasi birokrasi kita, itu salah satunya adalah bagaimana supaya pelayanan publik itu tidak berbelit-belit, cepat, murah,” kata Wapres Ma’ruf.

Dengan adanya sistem pelayanan publik secara transparan dan cepat, maka hal itu dapat menghindarkan praktik pungutan liar (pungli) yang merugikan masyarakat, katanya.

“Jadi (pelayanan publik) ini harus mempercepat, memperpendek, mempermudah dan juga menghindarkan dari adanya pemungutan liar. Di jalan ini kan banyak pungli kalau jalannya panjang, kalau diperpendek ini lebih efisien,” tuturnya.

Wapres mengapresiasi telah terbentuk 45 Mal Pelayanan Publik di Provinsi Jawa Timur yang tersebar di 14 kabupaten, termasuk Kabupaten Banyuwangi.

Menurut laporan sudah 45 Mal Pelayanan Publik ini, dan di Jawa Timur sudah 14 kabupaten. Dan Banyuwangi sudah menjadi pelopor dalam hal itu, katanya.

Mal Pelayanan Publik merupakan upaya Pemerintah dalam reformasi birokrasi guna memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. melalui Mal Pelayanan Publik, masyarakat dapat melakukan pengurusan beragam dokumen di satu tempat terpadu.

Wapres mengimbau seluruh pemerintah daerah untuk mulai membangun sistem Mal Pelayanan Publik agar mempermudah masyarakat dalam berbagai urusan di kantor pelayanan pemerintah.

“Ini langkah yang menurut saya sangat baik dan kita harapkan seperti ini di seluruh Indonesia, semua kabupaten dan kota punya model Mal Pelayanan Publik, punya lounge pelayanan publik, bahkan pasar pelayanan publik dan juga pusat-pusat pelatihan pemberdayaan masyarakat dengan berbagai macam program,” ujarnya. (*)

Berita Terkait

Piala Asia U-17, Indonesia Tekuk Guam 14-0

JAWA BARAT - WARTAALAM.COM - Tim nasional U-17 Indonesia...

Korban Selamat Tragedi Kanjuruhan Minta Keadilan

JAWA TIMUR - WARTAALAM.COM - Korban selamat tragedi kemanusiaan...

Presiden Minta Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

JAKARTA, WARTAALAM.COM - Presiden ketujuh RI, Joko Widodo (Jokowi)...

Penjelasan Bahaya Gas Air Mata dari Pakar

SURABAYA, WARTAALAM.COM - Pakar Kesehatan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya...
spot_img
Semua Negara
623,891,250
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on October 4, 2022 2:10 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini